8 Makanan Ramah Muslim di Korea Selatan, Ada Samgyetang dan Patbingsu

Kompas.com - 19/10/2020, 19:09 WIB
Ilustrasi dakgalbi Shutterstock/TMONIlustrasi dakgalbi


KOMPAS.com – Mencari makanan ramah Muslim jadi salah satu poin penting ketika merencanakan liburan ke Korea Selatan.

Walaupun sekarang ini kamu belum bisa berwisata ke sana, tetapi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan pengetahuan kuliner ramah Muslim khas Korea Selatan yang bisa bermanfaat nantinya.

Influencer Michi Momo memberikan rekomendasi makanan khas Korea Selatan yang ramah Muslim.

Rekomendasi tersebut ia sampaikan dalam sesi Eat with Love “Muslim Friendly Korea Online Festival” yang diselenggarakan Korea Tourism Organization (KTO), Sabtu (17/10/2020).

Baca juga: 25 Kuliner Korea yang Sering Muncul pada Drama, Pernah Coba yang Mana?

1. Dakgalbi

Dakgalbi adalah sajian ayam goreng khas Korea dengan bumbu pedas. Dakgalbi hanya menggunakan potongan paha ayam sehingga teksturnya jadi sangat lembut.

“Terakhir kalau sudah tinggal sedikit bisa dijadikan nasi goreng. Biasanya (dakgalbi) terkenal dari daerah Chuncheon. Paling terkenal di Nami Island. Ayam ini ditambah keju juga enak,” kata Michi.

ilustrasi gopchang, daechang, makchang atau jeroan sapi ala korea.Shutterstock/BYUNGSUK KO ilustrasi gopchang, daechang, makchang atau jeroan sapi ala korea.

2. Gopchang, daechang, makchang

Gopchang, daechang, dan makchang adalah olahan jeroan sapi ala Korea. Gopchang adalah bagian usus kecil, daechang bagian usus besar, dan makchang bagian usus yang paling akhir. Michi mengaku olahan jeroan sapi ini adalah makanan Korea favoritnya.

“Kalau ke Korea pertama yang aku cari pas baru sampai itu jeroan. Bisa di-grill atau jadi sup. Banyak yang terkenal ada di daerah Daegu. Banyak sayurnya juga biasanya ada kucai, kentang, dan bisa dibungkus juga kayak ssam,” tutur dia.

Baca juga: Ssam, Makan Daging BBQ Bungkus Daun ala Drama Korea

Ilustrasi kuliner Korea : kepiting mentah marinasi (gejang).SHUTTERSTOCK/BY BOONTOOM SAE-KOR Ilustrasi kuliner Korea : kepiting mentah marinasi (gejang).

3. Ganjang gejang, yangnyeom gejang

Jika kamu sering menonton konten mukbang ala Korea, pasti banyak yang memperlihatkan sedang makan ganjang gejang. Ganjang gejang adalah sejenis kepiting yang difermentasi dengan saus kecap khusus.

Baca juga: Apa Itu Ganjang Gejang? Kepiting Fermentasi Khas Korea Selatan

Kepiting tidak melalui proses pemanasan. Rasanya gurih, manis, serta creamy yang berasal dari telur kepitingnya. Telur di dalam tubuh kepitingnya akan sangat banyak, terutama jika sedang musimnya.

Salah satu cara makan ganjang gejang favorit Michi, adalah dengan nasi hangat dan dibungkus rumput laut.

Sementara yangnyeom gejang adalah jenis gejang dengan saus pedas. Kamu bisa banyak menemukan gejang di sekitar Dongdaemun.

Ilustrasi kuliner Korea : BBQ daging sapi khas Korea (bulgogi).SHUTTERSTOCK/DAPPERLAND Ilustrasi kuliner Korea : BBQ daging sapi khas Korea (bulgogi).

4. Bulgogi

Bulgogi mungkin jadi salah satu hidangan khas Korea paling terkenal. Daging berbumbu ini cocok dinikmati dengan nasi hangat dan kimchi.

Salah satu restoran bulgogi paling terkenal di Korea Selatan adalah Dokkaebi Bulgogi. Di Korea Selatan, restoran rata-rata hanya menjual satu jenis makanan. Jika menjual bulgogi, maka menunya hampir semua merupakan bulgogi.

Bulgogi rata-rata di Korea itu bakal ada kuahnya. Sari dari dagingnya dan yuksu khusus kuah untuk bulgogi. Semua di-grill dagingnya, sari turun lalu dicampur itu enak banget,” papar Michi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X