Apa Itu Ganjang Gejang? Kepiting Fermentasi Khas Korea Selatan

Kompas.com - 23/07/2020, 13:33 WIB
Ilustrasi kepiting rendam kecap, makanan khas Korea Selatan Shutterstock/mnimageIlustrasi kepiting rendam kecap, makanan khas Korea Selatan


KOMPAS.com –  Ganjang gejang atau gejeot adalah kuliner Korea Selatan berupa kepiting mentah yang difermentasi dengan kecap (ganjang).

Baca juga: 25 Kuliner Korea yang Sering Muncul pada Drama, Pernah Coba yang Mana?

Gejang merupakan salah satu jenis jeotgal, hidangan laut yang difermentasi dan biasanya disajikan sebagai hidangan pendamping nasi atau kondimen.

Kedai Honglim Banchan adalah salah satu kedai yang menyajikan aneka hidangan laut fermentasi di Pasar Gwangjang, Korea Selatan. Kedai ini sempat muncul dalam episode Korea Selatan Street Food Asia yang tayang di Netflix pada 2019 lalu.

“Nenekku membuka kedai ini pada 1952 dan aku mengelolanya sampai sekarang. Berpuluh tahun lalu, Korea mengalami masa sulit akibat perang. Prioritasnya adalah mencari makanan,” kata Gunsook Jung, pemilik Kedai Honglim Banchan.

“Dahulu tak ada kulkas, banyak makanan diawetkan dalam garam dan disimpan. Karena orang masih menyukainya, jadi kami jual acar (jeotgal) ini,” sambung dia.

Ilustrasi soy sauce marinated crab khas Korea SelatanShutterstock/successo images Ilustrasi soy sauce marinated crab khas Korea Selatan

Dari aneka jeotgal yang dijual oleh Jung, kepiting yang difermentasi dalam kecap dan kepiting mentah pedas jadi yang paling laris.

Kepiting mentah pedas yang disebut yangnyeom (berbumbu) gejang ini jadi variasi lain dari kepiting kecap atau ganjang (kecap) gejang.

Untuk membuat membuat gejang, membersihkan kepiting hingga benar-benar bersih jadi hal paling penting.

Setelah itu, saus kecap dididihkan dan didinginkan dengan cara tradisional satu hari sebelumnya.

Kepiting yang sudah bersih pun dimasukkan ke dalam wadah perendaman, lalu saus dituangkan ke sana. Proses mendidihkan dan menuang saus tersebut harus diulangi hingga tiga kali selama kurang lebih dua minggu sebelum kepiting siap dijual.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X