15 Jenis Saus untuk BBQ, Bikin Daging dan Seafood Tambah Enak

Kompas.com - 31/12/2020, 20:23 WIB
ILUSTRASI - Saus barbeque ShutterstockILUSTRASI - Saus barbeque

KOMPAS.comBarbeque (BBQ) tidak terlepas dari hidangan panggang berbumbu. Hidangan panggang bisa berupa aneka daging, seafood, hingga jagung manis.

Saus bisanya diandalkan sebagai bumbu rendam daging, oles, dan cocolan. 

Baca juga: Resep Seafood Bakar Asam Segar, Ada Ikan Filet dan Udang

Ada beberapa macam saus yang cocok untuk barbeque selain dari saus khusus barbeque itu sendiri, seperti berikut ini.

1. Saus asam manis

Saus asam manis adalah salah satu saus serbaguna yang bisa ditambahkan ke berbagai masakan, termasuk untuk saus hidangan barbeque.

Saus asam manis ini harus dibuat sendiri karena terbuat dari campuran beberapa macam saus, yaitu saus tomat, saus tiram, kecap asin dan sedikit gula. Saus asam manis bisa untuk disiram ke atas hidangan yang baru matang.

2. Sambal

Sebagai penambah rasa pedas untuk hidangan barbeque, kamu bisa gunakan sambal. Sambal lebih pas dijadikan cocolan barbeque daging, sosis dan jagung manis.

3. Saus tomat

Saus berbahan dasar dari tomat ini juga pas untuk cocolan barbeque. Hidangan barbeque akan berasa sedikit asam khas dari saus tomat.

Baca juga: Resep Ayam Bakar Kecap Pedas, Enak buat BBQ di Rumah

 

Biasanya, saus ini paling digemari oleh anak-anak sebagai teman makan sosis bakar.

4. Kecap manis

Ilustrasi sambal kecap. Dok. Shutterstock/Lili Aini Ilustrasi sambal kecap.

Kecap manis jadi saus umum yang dipakai untuk barbequan di Indonesia. Pasalnya, kecap manis adalah saus yang berasal dari Indonesia sehingga paling gampang didapatkan.

Rasanya yang manis juga jadi kegemaran orang Indonesia dan tambah enak dipadukan dengan daging atau aneka hidangan panggang.

Kecap manis biasa dipakai untuk marinasi dan olesan makanan dengan dicampur margarin ke dalamnya.

5. Saus BBQ

Saus BBQ adalah saus paling populer yang dipakai untuk aneka panggangan. Saus BBQ mempunyai rasa asam segar karena komposisi bahannya terdapat tomat dan cuka.

Baca juga: 6 Potongan Daging Sapi Empuk untuk Dibakar, Cocok buat BBQ Tahun Baru

Saus berwarna merah ini biasanya lebih dominan dipakai sebagai marinasi bahan makanan yang akan dipanggang dari pada sebagai cocolan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X