Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Masak Pakis agar Empuk dan Warna Tetap Hijau

Kompas.com - 06/12/2022, 12:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Pakis merupakan sejenis tumbuhan yang bagian ujungnya biasa diolah menjadi aneka masakan. Sebenarnya, ada banyak jenis pakis dan tidak semuanya bisa dimasak menjadi hidangan lezat.

Hanya beberapa jenis saja yang bisa dinikmati. Oleh karena itu, belilah jenis pakis yang biasa ada di pasar atau supermarket besar.

Dalam proses masaknya, pakis harus diolah dengan cara yang benar. Pasalnya, terkadang pakis mengeluarkan seperti lendir pada masakan.

Simak beberapa tips memasak pakis agar empuk dan menghilangkan lendir yang keluar, seperti yang dilansir dari laman The Spruce Eats.

Baca juga:

1. Cuci dulu pakis

Kamu bisa memotong bagian paling ujung batang pakis. Setelah itu, siapkan wadah bersih yang berisikan air. Masukkan pakis dan aduk-aduk agar kotorannya hilang. Ulangi proses cuci pakis hingga bersih.

2. Gunakan pakis yang masih muda

Kalau kamu ingin membuat tumisan sayur pakis, gunakan daun pakis yang masih muda. Hal tersebut agar hasilnya empuk dan durasi memasaknya tidak terlalu lama.

3. Rebus selama 10-15 menit

Lakukan proses rebus pakis dalam air mendidih selama 10 hingga 15 menit. Angkat dan tiriskan pakis. Masukkan ke dalam air es untuk menghentikan proses memasak.

Pakis yang baru saja direbus kemudian diangkat dan dimasukkan ke dalam air es bertujuan untuk membuat warnanya tetap hijau segar. Keringkan dengan tisu dapur.

4. Kukus pakis

Selain direbus, pakis juga bisa diolah dengan cara dikukus. Kukus selama 10 hingga 12 menit. Setelah itu, dinginkan dalam air es.

Setelah proses rebus dan kukus ini, kamu bisa mengolahnya kembali dengan cara ditumis bersama aneka bumbu.

5. Tumis pakis

Ditambahkan dari laman Food52, kamu juga bisa mengolahnya denga cara ditumis setelah direbus. Masak selama lima menit dengan menggunakan mentega dan bumbu lainnya.

Hal tersebut untuk mempertahankan cita rasa dan tekstur renyah pada pakis.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com