Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Membuat Keripik Belut Renyah dan Tidak Terlalu Gelap

Kompas.com - 03/11/2022, 13:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Keripik belut bisa kamu jadikan camilan atau ide jualan renyah di rumah. Cara membutnya cukup mudah, tetapi kamu perlu membersihkan lendir dan isi perut hingga bersih. 

Dilansir dari beberapa sumber, ada cara membuat keripik belut agar hasilnya renyah tahan lama dan warnanya tidak terlalu gelap. Simak tipsnya berikut ini. 

Baca juga:

1. Bersihkan belut hingga bersih

Dilansir dari laman Kompas.com yang tayang pada Kamis (17/02/2022), Mursito, pemilik usaha Kripik Mbok Sajinem menjelaskan belut harus dibersihkan dulu hingga bau amis dan darahnya habis.

"Karena harus benar-benar bersih dan darah enggak ada. Kalau darahnya ada nanti kualitasnya jadi enggak awet, enggak bisa tahan lama," ujarnya.

"Paling enggak tujuh kali minimalis itu darahnya baru bisa tuntas, karena belut itu darahnya lebih banyak daripada ikan," jelasnya Mursito.

2. Pilih belut dengan diamter 1 cm

Pilih belut dengan diameter sekitar satu sentimeter saja, hal ini agar tulang belut bisa kering sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih, seperti yang dilansir dari buku "Camilan Renyah" (2018) oleh Emi Sulami terbitan PT Maraga Borneo Tarigas. 

3. Gunakan tepung buatan sendiri

Keripik belut biasanya dibalur dengan tepung agar kering dan renyah.

Pada kesempatan saat itu, Mursito menjelaskan kalau menggunakan tepung buatan sendiri dengan menggunakan campuran tiga macam beras untuk keripik belut buatannya.

Ilustrasi keripik belut renyah. SHUTTERSTOCK/ ghaya Ilustrasi keripik belut renyah.

4. Gunakan air matang

Gunakan air matang pada adonan tepung supaya keripik belut tidak cepat tengik.

Di samping itu, pakai bahan yang berkualitas untuk menjaga kerenyahan keripik.

"Jadi airnya yang buat adonan itu air matang, sudah saya masak dulu baru saya pakai buat ngadon. Terus dari bahan, saya pakai bahan yang berkualitas jadi enggak asal beli bahan," ungkapnya.

5. Gunakan api kecil saat menggoreng

Cara membuat keripik belut yang selanjutnya adalah, gunakan api kecil saat menggorengnya. Hal ini agar hasil dari keripik belut kering dan warnanya tidak gelap.

6. Gunakan minyak bersih

Ada cara membuat keripik belut agar warnanya tidak gelap yang selanjutnya adalah gunakan minyak bersih. Hal tersebut agar keripik belut tidak berwarna terlalu gelap.

7. Lakukan penggorengan dua kali

Penggorengan selama dua kali bisa dilakukan agar belut renyah maksimal dan tahan lama.

Buku "Camilan Renyah" (2018) oleh Emi Sulami terbitan PT Maraga Borneo Tarigas bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com