Kompas.com - 17/02/2022, 19:04 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Keripik belut cocok dinikmati sebagai kudapan atau pengganti kerupuk untuk teman makan. 

Cara membuat keripik belut ini sebetulnya sama seperti keripik lainnya. Namun pengolahan belutnya harus tepat agar tidak amis dan hasilnya renyah tahan lama. 

Baca juga:

Mursito, pemilik usaha Kripik Mbok Sajinem membagikan cara membuat keripik belut yang renyah dan bebas amis. Berikut ulasannya. 

Ilustrasi belut segar sebelum diolah. SHUTTERSTOCK/ Picture Partners Ilustrasi belut segar sebelum diolah.

1. Bersihkan dengan benar

Sebelum diolah belut perlu dibersihkan dulu sampai bersih. Untuk membersihkannya sebetulnya cukup dibelah saja bagian perutnya. 

Namun guna mengurangi bau amisnya, sebaiknya bilas berkali-kali sampai tidak berdarah.

Mursito menjelaskan bahwa ia biasanya mencuci belutnya hingga tujuh kali agar bebas amis dan keripiknya renyah tahan lama 

"Karena harus benar-benar bersih dan darah enggak ada. Kalau darahnya ada nanti kualitasnya jadi enggak awet, enggak bisa tahan lama," ujarnya. 

"Paling enggak tujuh kali minimalis itu darahnya baru bisa tuntas, karena belut itu darahnya lebih banyak daripada ikan," tambah Mursito. 

Baca juga:

Setelah dibersihkan, belut perlu dilumuri dengan parutan jahe untuk menghilangkan amisnya. Namun penggunaannya jangan terlalu banyak agar tidak mengganggu rasa dan aromanya.

"Kalau enggak amis itu yang penting nyucinya. Terus, Kasih jahe sebetulnya sudah enggak amis, cuma takarannya ada tertentu biar enggak terlalu merusak aroma itu sendiri," kata Mursito.

Ilustrasi belut goreng krispiPIXABAY/ Mogens Petersen Ilustrasi belut goreng krispi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.