Kompas.com - 18/12/2021, 10:09 WIB
Ilustrasi aneka varian kentang mustofa dari Saladin Kentang Magic. INSTAGRAM/ Saladin Kentang MagicIlustrasi aneka varian kentang mustofa dari Saladin Kentang Magic.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Saat memasak kentang, kamu dapat menyimpan kulitnya untuk diolah menjadi keripik. Keripik kulit kentang cocok dinikmati sebagai camilan atau teman makan nasi hangat.

Di Bogor ada satu UMKM yang turut mengolah kulit kentang menjadi camilan yaitu Saladin Kentang Magic

Baca juga:

Inspirasi mengolah kulit kentang

Melalui sambungan telepon, pemilik usaha Saladin Kentang Magic, Hanna Suryana Hasri menjelaskan bahwa ide mengolah kulit kentang sebetulnya karena tidak sengaja. 

Ilustrasi kering kentang yang dikemas dalam botol plastik. INSTAGRAM/ Saladin Kentang Magic Ilustrasi kering kentang yang dikemas dalam botol plastik.

Sebelumnya, Hanna adalah penjual kentang mustofa. Suatu ketika ibu Hanna datang ke rumahnya lalu mencuci kentang satu per satu.  

Melihat kentang yang sudah bersih, Hanna lalu terinspirasi untuk mengolah kulitnya. Sebab pada dasarnya Hanna juga tahu bahwa kulit kentang juga bisa dikonsumsi. 

"Itu sempat kepikiran gara-gara mamaku datang terus dia nyuciin kentangnya satu-satu. Kalau kita kan biasa dari pasar langsung kupas, karena kulitnya enggak dipakai. Abis itu terus kepikiran, kalau kulitnya sayang juga ya dibuang, sudah bersih kayak gini," jelas Hanna, Sabtu (11/12/2021). 

Baca juga:

Lebih jauh, saat mengurus perizinan usaha, Hanna pun sempat memikirkan cara mengolah limbahnya. Khususnya limbah organik yang belum dikelola.

Dari sinilah keinginan Hanna mengolah kulit kentang semakin kuat. Kemudian, Hanna pun mencoba menggorengnya menjadi keripik layaknya kentang mustofa.

"Waduh ini terus saya mikir kalau sampah organiknya apa ya, bisa enggak sih dibuat makanan gitu, terus coba deh digoreng itu," ujarnya. 

Ilustrasi produk kentang mustofa dari Saladin Kentang Magic. INSTAGRAM/ Saladin Kentang Magic Ilustrasi produk kentang mustofa dari Saladin Kentang Magic.

Olahan kulit kentang

Walau tergolong produk baru, tapi keripik kulit kentang banyak diminati. Sayangnya produksinya tidak bisa banyak karena kulit kentangnya terbatas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.