Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Goreng Kulit Kentang agar Tidak Berminyak, Hasilnya Renyah

Kompas.com - 17/12/2021, 09:13 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Kulit kentang bisa diolah menjadi keripik yang renyah dan gurih. Sebetulnya cara membuat keripik kulit kentang tidak sulit. 

Namun kamu harus membilasnya sampai airnya jernih supaya kulit kentang aman dimakan. Di samping itu perhatikan pula cara menggorengnya agar tidak menyerap banyak. 

Baca juga:

Hanna Suryana Hasri, pemilik usaha Saladin Kentang Magic membagikan cara menggoreng kulit kentang agar renyah dan tidak berminyak. Begini penjelasan ringkasnya. 

Ilustrasi kulit kentang. PIXABAY/KALHH Ilustrasi kulit kentang.

1. Gunakan minyak banyak dan panas

Minyak yang digunakan untuk menggoreng keripik kulit kentang harus banyak dan panas. Jika tidak kulit kentang menjadi kurang renyah dan menciut setelah matang.  

"Kalau minyak memang kudu banyak, harus sampai dia tenggelam, kan namanya apa sih, deep frying ya. Jadi biar crunchy memang harus banyak, sampai mereka tenggelam," tutur Hanna kepada Kompas.com, Sabtu (11/12/2021).

Baca juga:

2. Goreng sedikit demi sedikit

Saat menggoreng, pastikan untuk tidak memasukkan kulit kentang terlalu banyak. Kalau kebanyakan, kulit akan menggumpal dan mengeriting. 

Hal tersebut bisa membuat teksturnya kurang renyah dan menjadi berminyak. 

"Masukinnya juga enggak boleh terlalu banyak. Kalau terlalu banyak kayak gumpal, terus ngeriting-riting sendiri," ujar Hanna. 

Ilustrasi keripik kulit kentang krispiSHUTTERSTOCK/ Alex Polo Ilustrasi keripik kulit kentang krispi

3. Pakai minyak padat

Salah satu cara menggoreng kulit kentang agar tidak menyerap minyak yakni dengan memakai minyak padat.

Minyak padat bisa menyerap kandungan minyak dalam keripik kulit kentang. Jadi, setelah digoreng kulit kentang lebih renyah dan garing. 

"Kalau minyak padat kan enggak begitu menyerap di kentang sama kulitnya," ungkap Hanna.

Baca juga:

Menambahkan dari Kompas.com, minyak padat umumnya terbuat dari minyak kelapa, minyak sawit, maupun lemak hewani yang dipadatkan pada suhu di bawah 20 derajat celcius.

Minyak ini biasa digunakan oleh banyak restoran untuk menggoreng roti atau kudapan lainnya.

4. Tiriskan dengan spinner

Ilustrasi memanggang keripik dari kulit kentang. SHUTTERSTOCK/ Ulmus Media Ilustrasi memanggang keripik dari kulit kentang.

Ada satu alat yang dapat digunakan untuk membantu meniriskan minyak pada keripik kulit kentang. Alat tersebut adalah spinner.

Spinner bisa mengurangi sisa minyak dari hasil penggorengan makanan. Berkat penggunaan alat ini, keripik kulit kentang menjadi lebih renyah dan tidak terlalu berminyak. 

"Kalau aku sih pakai spinner gitu. Habis digoreng baru kita keringkan di spinner untuk meniriskan minyaknya," jelas Hanna. 

Baca juga:

Untuk hasil yang maksimal, kulit kentang dapat digoreng memakai minyak padat lalu ditiriskan menggunakan spinner.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com