Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal-usul Paris Baguette, Jaringan Toko Roti Korea Selatan yang Mendunia

Kompas.com - 28/10/2022, 08:28 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 

KOMPAS.com - Masyarakat Korea Selatan memboikot toko roti Paris Baguette setelah kasus kematian pekerja pabrik roti yang lembur sendirian.

Dikutip dari Todayonline.com, respon perusahaan induk Paris Baguette di Korea Selatan, SPC Group akan kasus tersebut dinilai tidak sensitif dan memicu boikot nasional. 

SPC Group adalah perusahaan makanan besar dari Korea Selatan yang menaungi merek Paris Baguette begitu pula merek es krim, donat, dan burger merek internasional di Korea Selatan. 

Paris Baguette dibuka pertama kali pada 1988 oleh warga Korea Selatan bernama Hur Young In. 

Baca juga:

Dikutip dari Korea Herald, ayah Hur Young In adalah perintis bisnis keluarga ini dengan membuka toko roti bernama Sangmidang di Provinsi Hwanghae yang saat ini menjadi wilayah Korea Utara pada 1945.

Pada 1960-an, toko roti Sangmidang menjadi perusahaan makanan bernama Samlip General dan berhasil menjual miliaran pastry berisi krim.

Young In yang ingin meneruskan toko roti ayahnya, pergi ke Amerika Serikat dan belajar membuat roti di American Institure of Baking di Kansas. 

Tuna Tarte Croissant Sandwich dari Paris Baguette. Kompas.com/Silvita Agmasari Tuna Tarte Croissant Sandwich dari Paris Baguette.

Setelah kembali pada 1983, Young In bersama kakaknya belajar mengelola bisnis keluarga. Mereka membuka toko roti bertema Perancis, Paris Croissant.

Dua tahun kemudian, ia membuka Paris Baguette yang saat ini menjadi jaringan toko roti nomor satu di Korea Selatan.  

Yoing dijuluki sebagai Raja Roti dari Korea karena pertumbuhan bisnis Paris Baguette yang cepat. 

Lewat bisnis makanan, Young in dinobatkan oleh majalah Forbes sebagai salah satu orang terkaya di dunia pada 2016. 

Baca juga:

Saat ini Paris Baguette berhasil menjadi jaringan toko roti raksasa yang memiliki 3.600 cabang di Korea Selatan, 4.000 cabang di dunia, dan 240 cabang di China walaupun hanya dua toko yang menyematkan nama Paris. 

Jaringan toko roti Paris Baguette juga bisa ditemui di Indonesia, dibuka pertama kali pada November 2021. 

Toko roti ini merupakan hasil kerjasama joint venture antara Erajaya Food & Nourishment (EFN) dan Paris Baguette Singapura,  dioperasikan oleh Era Boga Patiserindo, anak perusahaan EFN. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com