Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

35 Tempat Makan Legendaris di Jakarta, Cocok untuk Wisata Kuliner

Kompas.com - 17/09/2022, 13:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Jakarta punya banyak tempat kuliner menarik yang wajib untuk dikunjungi, terutama pada wisata kuliner legendaris yang cukup terkenal di lidah para wisatawan lokal.

Tempat makan legendaris di Jakarta ini sering kali menjadi tujuan untuk tempat isi perut saat mengunjungi Ibukota Indonesia tersebut.

Kalau kamu sedang berada di sana, simak rekomendasi tempat makan enak di Jakarta yang buka sejak puluhan tahun yang lalu berikut ini.

Baca juga: 5 Cafe Hits Terbaru di Jakarta Selatan, Nyaman buat Ngopi Sore Hari

1. Gado-gado Cemara

Gado-gado Cemara menjadi tempat kuliner tertua pada daftar ini, sudah eksis sejak 1947. Restoran ini berada di Jalan Tanah Abang 5 No. 36, Jakarta Pusat.

Keistimewaan sajian gado-gado di Cemara adalah racikan bumbu kacang tanah dicampur dengan kacang mete. Bukan saja menyediakan gado-gado, kamu bisa pesan menu lain.

Di antaranya asinan, lontong cap gomeh, ikan pesmol tenggiri, sup buntut, gule kambing, sampai nasi goreng kambing dan es duren. Harga satu porsi gado-gado ukuran medium plus lontong adalah Rp 32.000-an.

Ketoprak Rp 40.000-an, lontong cap go meh Rp 52.000-an, dan asinan sayur Rp 37.000-an. Gado-gado Cemara buka Senin-Jumat pukul 08.00-20.000, Sabtu-Minggu 08.00-18.00 WIB.

Baca juga: 5 Cafe dengan Pemandangan Indah di Jakarta Selatan untuk Lepas Penat

2. Gultik

Gulai tikungan alias gultik ini jadi salah satu yang paling legendaris. Terletak di tikungan Jalan Mahakam, Blok M, Jakarta Pusat, kamu bisa menemukan banyak pedagang kaki lima yang berjejer di sepanjang jalan.

Gultik yang bisa kamu temukan di sini berupa gulai sapi yang di dalamnya terdapat daging sapi serta bagian lain dari sapi seperti urat, tetelan, lemak, hingga jeroan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Toko Kue dan Roti di Jakarta, Ada yang Buka Sejak 1936

3. Bakmi Gang Kelinci

Bakmi Gang Kelinci buka di kawasan Pasar Baru sejak 1967. Dari dulu sampai sekarang rasa Bakmi Gang Kelinci disebutkan para pelanggan tidak pernah berubah.

Ciri khas Bakmi Gang Kelinci ada pada minyak mi yang bukan dari bawang putih atau ayam, melainkan minyak sayur. Topping bakmi ada ayam masak kecap dan ayam rebus yang disuwir.

Semangkuk Bakmi Gang Kelinci dihargai Rp 27.000. Makanan pendampingnya ada pangsit, bakso sapi, bakso ikan, dan lain-lain dengan kisaran harga mulai Rp 11.000 hingga Rp 16.000.

Bakmi Gang Kelinci juga terkenal menyajikan hidangan khas oriental lain, seperti aneka masakan cumi, cah kangkung, sapo tahu, gurame, kwetiauw, dan lain-lain dengan kisaran harga dari Rp 20.000 hingga Rp 80.000.

Kamu bisa mencicipi bakmi ini di Jalan Kelinci Raya Nomor 1-3, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

Baca juga: Mencoba 4 Premium Bento ala Restoran Jepang di Jakarta Selatan, Ada Natto Udon

4. Ketoprak Ciragil

Sesuai namanya, gerai ketoprak ini berlokasi di Jalan Ciragil II Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Menemukannya Ketoprak Ciragil pun tidak sulit karena berada dekat dengan deretan kedai kopi yang populer di kawasan tersebut.

Bumbu kacang Ketoprak Ciragil yang gurih dan kental adalah alasan utama banyak orang yang ketagihan makan ketoprak ini.

Ketoprak Ciragil biasanya ditemani dengan sebutir telur rebus.

Baca juga: 4 Kuliner Ternama Singapura Hadir di Pesta Rasa Jakarta

5. Warteg Kharisma Bahari

Tidak hanya ada di kawasan Jakarta, Warteg Kharisma Bahari juga dikenal luas di wilayah Jabodetabek. Kamu bisa mengenali Warteg Kharisma Bahari dengan mudah.

Biasanya, Warteg Kharisma Bahari memiliki desain warteg hijau dengan tulisan berwarna merah. Selain cabang wartegnya ada di banyak tempat, Warteg Kharisma Bahari juga dikenal dengan cita rasa makanan yang enak dengan harga terjangkau.

Kamu bisa membeli Ati Sapi Rendang, Cue Balado, Oreg Tempe Kering, Ikan Tongkol Basah Balado, Udang Goreng Crispi, Rawon, Telor Ceplok Balado, atau Ayam Opor dengan harga mulai dari Rp 3.000-Rp 11.000.

Selain itu, kamu juga bisa membeli aneka sayur, seperti Sayur Nangka, Sayur Daun Singkong, Acar Timun, Tumis Jamur, atau Tumis Kacang dengan harga Rp 3.000-an saja.

Kalau tertarik makan di Warteg Kharisma Bahari Jakarta, kamu bisa datang ke lokasinya di Jalan RS Fatmawati Raya Nomor 66, Cilandak, Jakarta Selatan setiap hari selama 24 jam.

Baca juga: 5 Makanan Serba Mi di 101 Urban Hotel Jakarta, Ada Rujak dan Cake

6. Restoran Sari Bundo

Restoran ini sudah berdiri sejak 1967 dan terkenal sebagai restoran langganan petinggi negara seperti mendiang BJ Habibie dan Susilo Bambang Yudhoyono. Mendiang BJ Habibie diketahui sangat gemar menyantap ayam goreng dari Sari Bundo.

Ayam goreng di restoran ini memang terkenal berbeda dengan ayam goreng di restoran padang lain. Ayam goreng Sari Bundo memiliki tekstur yang renyah sampai ke bagian tulang. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung muda.

Ayam ini sangat cocok jika disantap selagi hangat, dengan nasi dan sambal pete khas Sari Bundo. Selain itu restoran Sari Bundo juga menyadiakan hidangan lainnya bercita rasa otentik Minang, antara lain rendang, gulai, dendeng balado, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Cafe Terdekat dari Stasiun Sudirman Jakarta

7. Soto Betawi H Ma'Ruf

Soto betawi hangat, gurih, berisi nan legendaris bisa kamu pesan di 'Jajan Ramadhan dari Rumah'. Rumah Makan Soto Betawi Haji Ma'ruf merupakan rumah makan legendaris di Jakarta yang menyajikan soto dengan rasa otentik khas Betawi.

Soto betawi ini berbeda dengan soto betawi kebanyakan. Rasanya sederhana tetapi dalam semangkok soto betawi terdiri dari banyak daging dan jeroan. Selain itu, kuah soto dari Soto Betawi Haji Ma’ruf merupakan kuah santan yang dicampur susu membuat soto ini istimewa.

Rasa creamy santan dan susu, sangat dominan. Bumbu yang digunakan juga terbilang royal, sehingga rasa kuah semakin mantap.

Selain soto betawi, kamu juga bisa memesan sate kambing dan sate sapi yang dilengkapi dengan bumbu kacang. Harga semangkuk soto dari Soto Betawi Haji Ma’ruf dihargai mulai Rp 45.000.

Baca juga: Menjajal Lezatnya Nasi Kuning dan Nasi Uduk di Restoran Kaya Bumbu Jakarta

8. Ragusa

Kalau bicara es krim di Jakarta, Ragusa wajib masuk. Sebab inilah kedai es krim bersejarah yang masih terus bertahan.

Ragusa berdiri pada 1932 dan kini menjadi kedai es krim tertua di Jakarta Duo bersaudara asal Italia, Luigi Ragusa dan Vicenzo Ragusa adalah perintis sekaligus asal nama Ragusa.

Dahulu es krim Ragusa hanya dijual setahun sekali saat pasar malam di Pasar Gambir diselenggarakan. Baru tahun 1847 Ragusa menetap di Jalan Veteran I Nomor 20, Jakarta Pusat. Es krim unggulan di Ragusa adalah Tutti Frutti dan Cassata Siciliana.

Jangan lupakan es krim spaghetti dengan penyajian dan bentuk ala spaghetti Italia yang tersohor. Hal yang menarik dari Ragusa adalah dekorasi ruang serta alat makan yang masih tampak seperti dulu kala.

Ini yang membuat pelanggan betah berlama-lama di Ragusa hanya untuk bernostalgia. Kedai es krim Ragusa beralamat di Jalan Veteran I Nomor 20, Jakarta Pusat.

Baca juga: Restoran Kaya Bumbu di Jakarta, Pelopor Nasi Keranjang Tarik Tunai

9. Warteg Warmo

Warteg Warmo merupakan salah satu warteg legendaris yang sudah ada sejak 1960-an dan eksis hingga saat ini.

Selain legendaris, Warteg Warmo juga dikenal sebagai salah satu tempat makan yang kerap dikunjungi oleh para artis Indonesia karena lauk warteg yang beragam dan memiliki cita rasa enak.

Beberapa lauk yang tersedia di Warteg Warmo adalah Ayam Goreng, Daging Rendang, Cumi Asin Balado, Ikan Tongkol Balado, Sate Babad, dan beragam gorengan, seperti Bakwan Jagung, Tempe Tepung, Perkedel Kentang, serta Tahu Bandung Goreng.

Warteg Warmo juga menawarkan beragam sayur teman makan nasi, di antaranya adalah Tumis Kacang Panjang, Daun Singkong, Terong Balado, dan Tahu Sayur Pedas.

Satu lauk, gorengan, atau sayur dari Warteg Warmo dijual mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 18.000.

Sementara jika ingin menikmati sop atau soto, kamu bisa merogoh kocek mulai dari Rp 12.000 sampai dengan Rp 31.000 per porsi dengan beberapa pilihan sop atau soto, seperti Sop Iga, Soto Paru, Soto Ayam, dan Sop Ayam.

Terakhir, kamu juga bisa membeli paket nasi dan lauk dari Warteg Warmo dengan harga mulai dari Rp 19.000-an hingga Rp 30.000-an.

Kalau mau coba beragam lauk tersebut, kamu bisa datang langsung ke lokasi Warteg Warmo di Jalan Tebet Timur Raya Nomor 1D, Tebet Timur, Jakarta Selatan setiap hari karena Warteg Warmo buka 24 jam.

Baca juga: 8 Tempat Makan di Mal Sarinah Jakarta, ada Gerai Camilan dan Restoran

10. Ketoprak Cirebon Mas Bana

Kita beralih ke Jalan Bhakti No. 1 Kemanggisan, Jakarta Barat. Di tempat ini, ada ketoprak legendaris yaitu Ketoprak Cirebon Mas Bana.

Asalan orang suka ketoprak di sini bukan hanya karena bumbu kacang lezat dan porsinya yang dermawan, nelainkan juga bisa tambah kerupuk sepuasnya. Ketoprak Cirebon Mas Bana pun buka hingga larut malam.

11. Bakmi Kampung Bali

Bakmi satu ini merupakan bakmi ayam legendaris dengan lokasi tersembunyi di Jakarta Pusat. Sesuai namanya kedai bakmi satu ini berlokasi di kawasan Kampung Bali.

Sampai saat ini sang pemilik bisnis, Hendra masih memasak bagi pelanggan meski usianya tak lagi muda . Resep yang digunakan sama seperti bakmi-bakmi pada kebanyakan.

Namun yang membuat berbeda adalah mengunakan saus ayam kecap. Sehingga Bakmi Kampung Bali memiliki rasa manis, gurih dan asin. Bakmi Kampung Bali beralamat di Jalan Kampung Bali XXV Nomor 31, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Harga seporsi bakmi disini dijual Rp 22.000, sedangkan nasi tim dihargai Rp 27.000. Namun jika bakmi ditambah dengan makanan pendamping seperti pangsit dan bakso menjadi Rp 28.000.

Untuk minuman di Bakmi Kampung Bali juga patut untuk kamu coba. Di sini tersedia es pala yang sedar dari buah pala asli dan es asinan mangga.

12. Pecenongan

Kawasan Pecenongan pada malam hari dikenal jadi pusat kuliner sejak tahun 1970-an. Para pedagang di sini mulai ramai membuka tempat dagangannya sejak pukul 17.00 sampai dini hari.

Kamu bisa menemukan banyak sekali jenis makanan di sini. Beberapa yang paling populer adalah Bubur Kwang Tung yang buka 24 jam. Ada bubur kepiting dan ayam hainan yang nikmat.

Jika ingin yang manis-manis, bisa coba Martabak Pecenongan yang juga legendaris. Serta banyak warung tenda seafood yang menawarkan aneka hidangan laut segar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com