Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

35 Tempat Makan Legendaris di Jakarta, Cocok untuk Wisata Kuliner

KOMPAS.com - Jakarta punya banyak tempat kuliner menarik yang wajib untuk dikunjungi, terutama pada wisata kuliner legendaris yang cukup terkenal di lidah para wisatawan lokal.

Tempat makan legendaris di Jakarta ini sering kali menjadi tujuan untuk tempat isi perut saat mengunjungi Ibukota Indonesia tersebut.

Kalau kamu sedang berada di sana, simak rekomendasi tempat makan enak di Jakarta yang buka sejak puluhan tahun yang lalu berikut ini.

1. Gado-gado Cemara

Gado-gado Cemara menjadi tempat kuliner tertua pada daftar ini, sudah eksis sejak 1947. Restoran ini berada di Jalan Tanah Abang 5 No. 36, Jakarta Pusat.

Keistimewaan sajian gado-gado di Cemara adalah racikan bumbu kacang tanah dicampur dengan kacang mete. Bukan saja menyediakan gado-gado, kamu bisa pesan menu lain.

Di antaranya asinan, lontong cap gomeh, ikan pesmol tenggiri, sup buntut, gule kambing, sampai nasi goreng kambing dan es duren. Harga satu porsi gado-gado ukuran medium plus lontong adalah Rp 32.000-an.

Ketoprak Rp 40.000-an, lontong cap go meh Rp 52.000-an, dan asinan sayur Rp 37.000-an. Gado-gado Cemara buka Senin-Jumat pukul 08.00-20.000, Sabtu-Minggu 08.00-18.00 WIB.

2. Gultik

Gulai tikungan alias gultik ini jadi salah satu yang paling legendaris. Terletak di tikungan Jalan Mahakam, Blok M, Jakarta Pusat, kamu bisa menemukan banyak pedagang kaki lima yang berjejer di sepanjang jalan.

Gultik yang bisa kamu temukan di sini berupa gulai sapi yang di dalamnya terdapat daging sapi serta bagian lain dari sapi seperti urat, tetelan, lemak, hingga jeroan.

3. Bakmi Gang Kelinci

Bakmi Gang Kelinci buka di kawasan Pasar Baru sejak 1967. Dari dulu sampai sekarang rasa Bakmi Gang Kelinci disebutkan para pelanggan tidak pernah berubah.

Ciri khas Bakmi Gang Kelinci ada pada minyak mi yang bukan dari bawang putih atau ayam, melainkan minyak sayur. Topping bakmi ada ayam masak kecap dan ayam rebus yang disuwir.

Semangkuk Bakmi Gang Kelinci dihargai Rp 27.000. Makanan pendampingnya ada pangsit, bakso sapi, bakso ikan, dan lain-lain dengan kisaran harga mulai Rp 11.000 hingga Rp 16.000.

Bakmi Gang Kelinci juga terkenal menyajikan hidangan khas oriental lain, seperti aneka masakan cumi, cah kangkung, sapo tahu, gurame, kwetiauw, dan lain-lain dengan kisaran harga dari Rp 20.000 hingga Rp 80.000.

Kamu bisa mencicipi bakmi ini di Jalan Kelinci Raya Nomor 1-3, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

4. Ketoprak Ciragil

Sesuai namanya, gerai ketoprak ini berlokasi di Jalan Ciragil II Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Menemukannya Ketoprak Ciragil pun tidak sulit karena berada dekat dengan deretan kedai kopi yang populer di kawasan tersebut.

Bumbu kacang Ketoprak Ciragil yang gurih dan kental adalah alasan utama banyak orang yang ketagihan makan ketoprak ini.

Ketoprak Ciragil biasanya ditemani dengan sebutir telur rebus.

5. Warteg Kharisma Bahari

Tidak hanya ada di kawasan Jakarta, Warteg Kharisma Bahari juga dikenal luas di wilayah Jabodetabek. Kamu bisa mengenali Warteg Kharisma Bahari dengan mudah.

Biasanya, Warteg Kharisma Bahari memiliki desain warteg hijau dengan tulisan berwarna merah. Selain cabang wartegnya ada di banyak tempat, Warteg Kharisma Bahari juga dikenal dengan cita rasa makanan yang enak dengan harga terjangkau.

Kamu bisa membeli Ati Sapi Rendang, Cue Balado, Oreg Tempe Kering, Ikan Tongkol Basah Balado, Udang Goreng Crispi, Rawon, Telor Ceplok Balado, atau Ayam Opor dengan harga mulai dari Rp 3.000-Rp 11.000.

Selain itu, kamu juga bisa membeli aneka sayur, seperti Sayur Nangka, Sayur Daun Singkong, Acar Timun, Tumis Jamur, atau Tumis Kacang dengan harga Rp 3.000-an saja.

Kalau tertarik makan di Warteg Kharisma Bahari Jakarta, kamu bisa datang ke lokasinya di Jalan RS Fatmawati Raya Nomor 66, Cilandak, Jakarta Selatan setiap hari selama 24 jam.

6. Restoran Sari Bundo

Restoran ini sudah berdiri sejak 1967 dan terkenal sebagai restoran langganan petinggi negara seperti mendiang BJ Habibie dan Susilo Bambang Yudhoyono. Mendiang BJ Habibie diketahui sangat gemar menyantap ayam goreng dari Sari Bundo.

Ayam goreng di restoran ini memang terkenal berbeda dengan ayam goreng di restoran padang lain. Ayam goreng Sari Bundo memiliki tekstur yang renyah sampai ke bagian tulang. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung muda.

Ayam ini sangat cocok jika disantap selagi hangat, dengan nasi dan sambal pete khas Sari Bundo. Selain itu restoran Sari Bundo juga menyadiakan hidangan lainnya bercita rasa otentik Minang, antara lain rendang, gulai, dendeng balado, dan masih banyak lagi.

7. Soto Betawi H Ma'Ruf

Soto betawi hangat, gurih, berisi nan legendaris bisa kamu pesan di 'Jajan Ramadhan dari Rumah'. Rumah Makan Soto Betawi Haji Ma'ruf merupakan rumah makan legendaris di Jakarta yang menyajikan soto dengan rasa otentik khas Betawi.

Soto betawi ini berbeda dengan soto betawi kebanyakan. Rasanya sederhana tetapi dalam semangkok soto betawi terdiri dari banyak daging dan jeroan. Selain itu, kuah soto dari Soto Betawi Haji Ma’ruf merupakan kuah santan yang dicampur susu membuat soto ini istimewa.

Rasa creamy santan dan susu, sangat dominan. Bumbu yang digunakan juga terbilang royal, sehingga rasa kuah semakin mantap.

Selain soto betawi, kamu juga bisa memesan sate kambing dan sate sapi yang dilengkapi dengan bumbu kacang. Harga semangkuk soto dari Soto Betawi Haji Ma’ruf dihargai mulai Rp 45.000.

8. Ragusa

Kalau bicara es krim di Jakarta, Ragusa wajib masuk. Sebab inilah kedai es krim bersejarah yang masih terus bertahan.

Ragusa berdiri pada 1932 dan kini menjadi kedai es krim tertua di Jakarta Duo bersaudara asal Italia, Luigi Ragusa dan Vicenzo Ragusa adalah perintis sekaligus asal nama Ragusa.

Dahulu es krim Ragusa hanya dijual setahun sekali saat pasar malam di Pasar Gambir diselenggarakan. Baru tahun 1847 Ragusa menetap di Jalan Veteran I Nomor 20, Jakarta Pusat. Es krim unggulan di Ragusa adalah Tutti Frutti dan Cassata Siciliana.

Jangan lupakan es krim spaghetti dengan penyajian dan bentuk ala spaghetti Italia yang tersohor. Hal yang menarik dari Ragusa adalah dekorasi ruang serta alat makan yang masih tampak seperti dulu kala.

Ini yang membuat pelanggan betah berlama-lama di Ragusa hanya untuk bernostalgia. Kedai es krim Ragusa beralamat di Jalan Veteran I Nomor 20, Jakarta Pusat.

9. Warteg Warmo

Warteg Warmo merupakan salah satu warteg legendaris yang sudah ada sejak 1960-an dan eksis hingga saat ini.

Selain legendaris, Warteg Warmo juga dikenal sebagai salah satu tempat makan yang kerap dikunjungi oleh para artis Indonesia karena lauk warteg yang beragam dan memiliki cita rasa enak.

Beberapa lauk yang tersedia di Warteg Warmo adalah Ayam Goreng, Daging Rendang, Cumi Asin Balado, Ikan Tongkol Balado, Sate Babad, dan beragam gorengan, seperti Bakwan Jagung, Tempe Tepung, Perkedel Kentang, serta Tahu Bandung Goreng.

Warteg Warmo juga menawarkan beragam sayur teman makan nasi, di antaranya adalah Tumis Kacang Panjang, Daun Singkong, Terong Balado, dan Tahu Sayur Pedas.

Satu lauk, gorengan, atau sayur dari Warteg Warmo dijual mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 18.000.

Sementara jika ingin menikmati sop atau soto, kamu bisa merogoh kocek mulai dari Rp 12.000 sampai dengan Rp 31.000 per porsi dengan beberapa pilihan sop atau soto, seperti Sop Iga, Soto Paru, Soto Ayam, dan Sop Ayam.

Terakhir, kamu juga bisa membeli paket nasi dan lauk dari Warteg Warmo dengan harga mulai dari Rp 19.000-an hingga Rp 30.000-an.

Kalau mau coba beragam lauk tersebut, kamu bisa datang langsung ke lokasi Warteg Warmo di Jalan Tebet Timur Raya Nomor 1D, Tebet Timur, Jakarta Selatan setiap hari karena Warteg Warmo buka 24 jam.

10. Ketoprak Cirebon Mas Bana

Kita beralih ke Jalan Bhakti No. 1 Kemanggisan, Jakarta Barat. Di tempat ini, ada ketoprak legendaris yaitu Ketoprak Cirebon Mas Bana.

Asalan orang suka ketoprak di sini bukan hanya karena bumbu kacang lezat dan porsinya yang dermawan, nelainkan juga bisa tambah kerupuk sepuasnya. Ketoprak Cirebon Mas Bana pun buka hingga larut malam.

11. Bakmi Kampung Bali

Bakmi satu ini merupakan bakmi ayam legendaris dengan lokasi tersembunyi di Jakarta Pusat. Sesuai namanya kedai bakmi satu ini berlokasi di kawasan Kampung Bali.

Sampai saat ini sang pemilik bisnis, Hendra masih memasak bagi pelanggan meski usianya tak lagi muda . Resep yang digunakan sama seperti bakmi-bakmi pada kebanyakan.

Namun yang membuat berbeda adalah mengunakan saus ayam kecap. Sehingga Bakmi Kampung Bali memiliki rasa manis, gurih dan asin. Bakmi Kampung Bali beralamat di Jalan Kampung Bali XXV Nomor 31, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Harga seporsi bakmi disini dijual Rp 22.000, sedangkan nasi tim dihargai Rp 27.000. Namun jika bakmi ditambah dengan makanan pendamping seperti pangsit dan bakso menjadi Rp 28.000.

Untuk minuman di Bakmi Kampung Bali juga patut untuk kamu coba. Di sini tersedia es pala yang sedar dari buah pala asli dan es asinan mangga.

12. Pecenongan

Kawasan Pecenongan pada malam hari dikenal jadi pusat kuliner sejak tahun 1970-an. Para pedagang di sini mulai ramai membuka tempat dagangannya sejak pukul 17.00 sampai dini hari.

Kamu bisa menemukan banyak sekali jenis makanan di sini. Beberapa yang paling populer adalah Bubur Kwang Tung yang buka 24 jam. Ada bubur kepiting dan ayam hainan yang nikmat.

Jika ingin yang manis-manis, bisa coba Martabak Pecenongan yang juga legendaris. Serta banyak warung tenda seafood yang menawarkan aneka hidangan laut segar.


13. Gado-gado Siram Bon Bin

Berdiri sejak 1960, Gado-gado Bon Bin setia menemani pelanggan dengan ciri khas bumbu kacang siram. Bumbu kacang disangrai, dibuang kulitnya, lalu digiling.

Kemudian dimasak sampai keluar minyak, barulah dicampur bumbu lain. Inilah yang membedakan Gado-gado Bon Bin dengan tempat makan serupa.

Harga satu porsi gado-gado sekitar Rp 40.000. Menu lain pun ada beberapa di antaranya adalah nasi rames Rp 47.000-an, lontong cap go meh Rp 48.000-an, asinan Rp 33.000-an, dan mi ayam Rp 30.000-an.

Tersedia juga aneka es Nusantara misalnya es cendol Rp 19.000-an, es kopyor Rp 38.000-an, dan es shanghai Rp 27.000-an. Gado-gado Bon Bin pun menyediakan bumbu mentah Rp 17.500-an per bungkus, bisa awet sampai 2 hari pada suhu ruangan.

Gado-gado Bon Bin buka setiap hari pukul 10.00-17.00 WIB. Berlokasi di Jalan Cikini IV No. 1, Cikini, Jakarta Pusat. Letaknya lebih kurang 10 menit jalan kaki dari Stasiun Cikini.

14. Restoran Pondok Djaja

Rumah makan padang ini merupakan salah satu yang tertua di Jakarta. Pemilik rumah makan ini adalah Sjoffian Chaedir. Ia pertama membuka rumah makan Padang tahun 1969.

Gampang Ini Gerai pertama Pondok Djaja ada di Jalan Krekot Bunder, daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat. Namun satu-satunya gerai Pondok Djaja kini ada di Jalan Hasyim Ashari No 13 B, Jakarta Pusat.

Pada etalase kaca berisi 15 jenis menu masakan khas Sumatera Barat. Uniknya, hanya ada satu koki yang memasak semua makanan dari dulu hingga sekarang. Restoran Pondok Djaja sengaja mempertahankan resep dan cara masak secara tradisional.

Hal tersebut adalah rahasia sukses restoran ini. Makanan paling favorit di sini adalah ayam goreng, lengkap dengan serundeng harum yang sering disantap dengan sambal petai.

15. Sate Apjay

Kamu bisa memesan Sate Apjay di 'Jajan Ramadhan dari Rumah'. Sate yang berlokasi di Panglima Polim menghadirkan sajian sate yang khas dan nikmat.

Sate Apjay khusus mengunakan daging ayam bagian dada. Jadi saat kamu menyantap sajian ini, kamu akan merasakan daging ayam yang padat dan berserat tapi tetap empuk.

Kamu bisa memesan di 'Jajan Ramadhan dari Rumah' varian menu lain bukan hanya sate taichannya saja. Kamu juga bisa menyicipi sate campur ayam. Harga 10 tusuk sate taichan dari Sate Apjay dihargai mulai Rp 35.000.

16. Tropik

Di Pasar Baru Jakarta juga terdapat es krim legendaris yakni di Restoran Tropik.

Walau menjual hidangan bersantap, ternyata es krim tetap menjadi hidangan andalan Restoran Tropik dari 1950-an.

Es krim di Restoran Tropik dibuat sendiri, sehingga membuat rasanya istimewa. Tropik beralamat di Jalan Pasar Baru Nomor 28A, Jakarta Pusat.

17. Kopi Es Tak Kie

Kedai Kopi Es Tak Kie telah berdiri sejak 1927. Kedai yang legendaris ini berawal dari warung kopi kaki lima yang didirikan oleh seorang bernama Liong Kwie Tjong.

Karena warung kopinya kala itu laku keras, ia pun memutuskan untuk menyewa kios kecil di sebuah rumah bergaya Belanda. Sejak berdiri 1927 silam, lokasi kedai kopi tersebut tak berubah hingga sekarang.

Sajian andalan di sini adalah Kopi O atau kopi hitam original. Paling enak jika memesan Kopi O dingin agar segar setelah menembus kota Jakarta yang panas.

Letak kedai ini memang agak ke pelosok, tepatnya di Gang Gloria, Glodok, Jalan Pintu Besar Selatan, Taman Sari, Jakarta Barat. Walaupun terletak di gang, kedai kopi ini punya banyak pelanggan setia.

Di antaranya para pejabat dari berbagai periode pemerintahan hingga selebriti.

18. Warteg Gang Mangga

Warteg Gang Mangga merupakan salah satu warteg legendaris yang sudah ada sejak 1978 dan buka setiap hari selama 24 jam.

Makanan di Warteg Gang Mangga di antaranya adalah Ikan Tenggiri, Ayam Srundeng, Ikan Teri Kacang, Daging Rendang, Telor Dadar, Tumis Pete, Mie Goreng, Pepes Tahu, Tahu Semur, Tempe Orek Basah, Semur Jengkol, dan aneka gorengan.

Satu lauk dari Warteg Gang Mangga dijual seharga Rp 5.000 hingga Rp 25.000.

Jika tertarik untuk mencoba beragam lauk dari Warteg Gang Mangga, kamu bisa datang langsung ke Jalan Kemurnian V Nomor 1C, Glodok, Jakarta Barat.

19. Ketoprak Puri Kusti

Kamu bisa menikmati sensasi makan ketoprak yang berbeda di Ketoprak Puri Kusti karena ada tambahan risol pada setiap porsinya.

Bumbu kacang yang gurih dan risol yang renyah menciptakan perpaduan rasa ketoprak yang unik dan patut kamu coba.

Langsung saja datang ke Jalan Kembang Abadi Utama No. 1 Kembangan, Jakarta Barat untuk menikmati sepiring ketoprak risol ini.

20. Bakmi Acang

Salah satu penjual bakmi ayam rebus tersohor di Jakarta adalah Bakmi Ayam Acang di kawasan Grogol, Jakarta Barat.

Bakmi Acang beda dengan bakmi ayam pada umumnya, karena yang digunakan adalah topping potongan ayam kampung rebus. Restoran ini sudah melayani pengunjung sejak 1969.

Bakmi Acang dapat dijumpai di kawasan Grogol Jakarta Barat tepatnya di Jalan Dr. Susilo 3 Nomor 14. Kedai bakmi ini dibuka dari pukul 06.30 hingga 14.00 WIB.

Bakmi Acang juga membuka cabang di BSD sektor 1.1 Blok RE 3 Nomor 15, melayani pelanggan dari 06.30 hingga 13.30 dan di Jalan Wortel sektor 1.6 Blok E.6 Nomor 12, yang buka pada pukul 13.00 hingga 21.00.

Untuk saat ini seporsi bakmi ayam rebus dihargai Rp 35.000. Jika ingin menikmati bakmi dengan makanan pendamping seperti bakso, sui kiau, pangsit, usus ayam, telor muda, ati, atau ampela, akan dihargai harga Rp 53.000.

21. Sate Padang Ajo Ramon

Sate Padang Ajo Ramon terletak di Jalan Cikajang Raya No.72, Senopati, Jakarta Pusat. Sate padang ini jadi salah satu yang paling populer dan legendaris di Jakarta.

Potongan dagingnya besar, bumbu satenya kental, pedas, dan nikmat. Selain berisi daging sapi, ada juga daging lidah sapi yang kenyal dan menggugah selera. Jangan lupa pesan sate bersama lontong agar semakin lengkap.

22. Gado-gado Direksi

Tempat makan gado-gado legendaris di Jakarta selanjutnya berlokasi di kawasan Glodok, tepatnya Jalan Pintu Besar Selatan 2 No. 16, Jakarta Barat. Gado-gado Direksi namanya, sudah melayani pelanggan sejak 1967.

Selain gado-gado, tersedia juga makanan lain seperti ayam goreng dan lumpia sayur.

Harga satu porsi gado-gado sekitar Rp 40.000. Gado-gado Direksi buka setiap hari pukul 09.30-16.00 WIB.


23. Rumah Makan Sepakat

Rumah makan ini terletak di bangunan berlantai tiga di samping Blok M Square, Jakarta Selatan. Sama halnya dengan Pondok Djaja, RM Sepakat juga dibuka sejak 1969.

Yuniar adalah salah satu anak pemilik rumah makan sekaligus penerus bisnis orangtuanya. Sajian yang digemari dari restoran ini adalah gulai gajebo, alias gulai sandung lamur asam padeh.

Hidangan ini adalah salah satu lauk otentik khas Minang yang keberadaannya 'terancam punah' di Jakarta. Sandung lamur merupakan baian punuk sapi, dengan lemak tebal yang menempel di bagian dagingnya.

Potongan daging berlemak tersebut dimasak asam padeh. Tanpa santan, hanya menggunakan air kelapa. Selain itu kamu juga bisa mencoba sajian lain seperti Ikan bawal bakar khas dari RM Sepakat.

24. Bebek Palupi Surabaya

Siapa yang tidak tergiur dengan bebek goreng khas Surabaya ini. Kulit bebek yang super garing melingkupi daging bebek yang empuk dan juicy.

Bebek Palupi Surabaya yang ada di Bekasi ini juga bisa kamu order lewat 'Jajan Ramadhan dari Rumah'. 

Jangan lupa untuk menyantap Bebek Palupi Surabaya dengan nasi hangat dan aneka sambal seperti sambal hijau, sambal bawang, dan lain-lain. Seporsi bebek goreng dan nasi dihargai mulai Rp 30.000.

25. Es Teler Sari Mulia

Masih di Jakarta Pusat, tepatnya di kompleks Bioskop Metropole, Cikini. Es Teler Sari Mulia adalah es teler legendaris di Jakarta yang masih ada sampai saat ini.

Es teler ini diketahui ada sejak 1960-an dan diklaim sebagai pembuat es teler pertama di Indonesia. Hal yang menarik, gerai makanan di sebelah Es Teler Sari Mulia tak kalah legendaris, yakni Pempek Megaria.

Penonton bioskop antar generasi di komplek ini pasti tidak asing dengan kedua hidangan ini Es Teler Sari Mulia beralamat di Jalan Pengangsaan Barat Nomor 21, Komplek Megaria.

26. Kopi Warung Tinggi PD atau Tek Sun Ho

Tak jauh dari Kopo Es Tak Kie, ada Kopi Warung Tinggi PD atau Tek Sun Ho. Letaknya memang cukup tersembunyi, sehingga akan agak sulit dicari.

Letak tepatnya ada di Jalan Tangki Sekolah Nomor 6, Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat. Dahulu Tek Sun Ho adalah nama resmi kedai kopi ini.

Nama Tek Sun Ho pun diganti jadi Warung Tinggi. Pasalnya, pada masa Orde Baru Presiden Soeharto mewajibkan semua orang keturunan China menggunakan nama Indonesia.

Kopi Warung Tinggi ini ternyata merupakan kedai kopi tertua di Indonesia karena telah berdiri sejak 1878 atau telah berusia lebih kurang 142 tahun.

Sesuai namanya, warung ini didirikan oleh seorang bernama Tek Sun. Anak angkatnya yang bernama Liaw Tek Siong kemudian meneruskan kedai kopi ini.

27. Wahyoo Warteg 21

Terakhir, ada juga warteg legendaris di Jakarta yang sering dijadikan langganan tempat makan beberapa pejabat negara, yaitu Wahyoo Warteg 21.

Wahyoo Warteg 21 yang berlokasi di Jalan Tanah Mas Raya Nomor 39, Kayu Putih, Jakarta Timur, ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-21.00 WIB.

Kamu bisa menikmati beragam lauk nasi dari Wahyoo Warteg 21, seperti Nasi dan Udang Balado, Nasi dan Telor Dadar, Nasi, Ayam Sayur dan Sambal, Nasi dan Ikan Kembung, atau Nasi dan Cumi.

Satu paket nasi dan lauk dari Wahyoo Warteg 21 dijual mulai dari Rp 9.000 hingga Rp 16.000. Kamu juga bisa hanya membeli lauk atau sayur di Wahyoo Warteg 21, seperti Sayur Nangka, Sayur Labu, Oreg Tempe, Jengkol, Bakwan Jagung, dan Peyek Udang dengan harga mulai dari Rp 2.000-Rp 10.000.

28. Ketoprak Blok 1 Muara Karang

Bagi kamu yang berdomisili di Jakarta Utara, datanglah ke Jalan Pluit Karang Molek, tepatnya di belakang sekolah Apple Tree.

Di sini ada sebuah gerai ketoprak yang terkenal akan kelezatannya yaitu Ketoprak Blok 1 Muara Karang.

Bumbu kacang ketoprak gurih dan porsinya besar, terlihat dari gundukan ketupat dan bihunnya. Harganya pun tidak menguras kantong, sekitar Rp 15.000.

29. Bakmi Bangka Aloiy 777

Bakmi bangka identik dengan topping daging babi. Jangan kuatir di kawasan Jakarta Barat, kamu bisa menemukan bakmi bangka yang tidak mengandung babi.

Bakmi Bangka Aloiy 777 buka sejak 2002 dan sering jadi andalan sarapan serta makan siang warga sekitar. Kedai bakmi ini menjual bakmi bangka dengan topping ayam dan ciri khas bumbu yang dikirim langsung dari Bangka.

Meja makan di Bakmi Bangka Aloiy 777 terbilah ramah, dengan ditaruh segala macam makanan pendamping. Ada bakso ayam goreng, pangsit goreng, saus sambal dari cuka bakso, jeruk kunci, dan kecap asin.

Bermula dari tenda kini Bakmi Bangka Aloiy 777 sudah memiliki tiga cabang dan satu kedai pusat di kawasan Taman Aries. Harga seporsi bakmi di kedai ini dihargai mulai Rp 19.000-Rp 25.000.

Bakmi Bangka 777 Aloiy berpusat di Jalan Taman Aries Nomor 9, Blok H 4, Meruya Utara, Kota Jakarta Barat, patokannya di sebelah SPBU. Lalu untuk cabang ada di Puri Park View tower A, BluGreen Kantin P2, dan di Belmont Residence.

30. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Sudah ada sejak 1958, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih sudah tak perlu diragukan lagi keistimewaannya. Bumbu rempahnya kuat, dengan daging kambing yang berpotongan besar dan empuk.

31. Nasi Uduk Kebon Kacang

Di kawasan Kebon Kacang ada cukup banyak warung nasi uduk. Salah satu yang paling terkenal adalah Nasi Uduk dan Ayam Goreng Kebon Kacang Zainal Fanani.

Kedai ini seringkali ramai dikunjungi. Tak jarang selalu penuh dan sulit dapat tempat duduk. Di sini kamu tentu saja bisa menikmati nasi uduk yang dibungkus dengan daun pisang terbuka di bagian atas.

Terlihat taburan bawang goreng mengguggah selera di atasnya. Satu porsi nasi uduk terbilang sedikit, maka tak jarang bagi yang benar-benar lapar bisa menghabiskan sampai 5 bungkus banyaknya.

32. Restoran Sederhana

Restoran Sederhana tergolong restoran padang dengan waralaba paling sukses di Indonesia.

Restoran ini didirikan oleh Bustaman pertama kali di Benhil, Jakarta Pusat pada tahun 1972. Logo restoran ini dapat dengan mudah dikenali dengan singkatan SA.

Restoran Sederhana terkenal dengan hidangan ayam pop yang lembut dengan bumbu yang menyerap. Selain itu restoran ini juga terkenal dengan rendang yang berwarna gelap pekat khas Minang yang otentik.

Saat ini Restoran Sederhana memiliki lebih dari 100 cabang yang tersebar sampai ke Malaysia. Hal yang unik Restoran Sederhana menjadi restoran paling diminati masyarakat Indonesia dari 2017-2018, mengalahkan deretan restoran waralaba internasional.

33. Soto Madura Cak Kosim

Segarnya soto memang nikmat saat disantap ketika berbuka puasa. Restoran yang berada di Jalan Jalur Sutera, Tangerang ini menghidangkan soto khas Madura dengan kuah kuning.

Isian berupa bihun, irisan kubis, potongan daging atau ayam, dan telur rebus. Tak ketinggalan koya yang terbuat dari remahan kerupuk udang juga menambah cita rasa dalam semangkuk soto di Soto Madura Cak Kosim.

Soto Madura Cak Kosim menghadirkan menu soto, rawon, dan pecel Blitar di 'Jajan Ramadhan dari Rumah'. Untuk Soto Istimewa ayam dari Soto Madura Cak Kosim dapat dibeli seharga Rp 40.700.

34. Tjan Njan

Dikenal pula dengan nama es krim Tjanang. Pertama kali dilucurkan tahun 1951 dengan kedai es krim di daerah Cikini.

Sayang kini es krim Tjan Njan tak lagi memiliki kedai. Sejak tahun 1991 kedainya tutup dan lokasinya kini berganti menjadi Hotel Cikini. Namun es krim Tjan Njan tetap bertahan, didistribusikan di beberapa rumah makan daerah Cikini.

Salah satunya di sebuah kios pempek yang berada di Jalan Cikini IV, patokannya sebelum rumah makan Gado Gado Bon Bin yang tak kalah legendaris.

Bisa juga dibeli di Hotel Cikini. Es krim Tjan Njan memiliki logo khusus yakni logo panda yang sedang mengacungkan jempol. Rasa kopyor dan durian menjadi favorit pelanggan sejak dahulu, termasuk keluarga Bung Karno dan Keluarga Cendana.

35. Kong Djie Coffee, Cideng

Kedai kopi ini terletak di Jalan Biak, Jakarta Pusat. Kedai kopi Kong Djie sebenarnya berasal dari Manggar, Belitung dan telah berdiri sejak 1943.

Cabang ini merupakan cabang pertama Kong Djie di Jakarta. Menu andalan di sini tentu saja Kopi O dan kopi susu panasnya. Kamu bisa memilih antara biji kopi robusta atau arabika di sini.

https://www.kompas.com/food/read/2022/09/17/131700175/35-tempat-makan-legendaris-di-jakarta-cocok-untuk-wisata-kuliner

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke