Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Kuliner #FoodFestOnTikTok Digelar mulai 25 Mei di Jakarta

Kompas.com - 22/05/2024, 13:27 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival kuliner #FoodFestOnTikTok akan diadakan mulai Sabtu (25/5/2024) sampai Minggu (26/5/2024) di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

"Nantinya akan ada lebih dari 80 pedagang kuliner lokal (di #FoodFestOnTikTok), kami juga menyediakan lebih dari 20 experience zones (zona pengalaman)," kata Public Policy and Government Relation TikTok Indonesia, Faris Mufid saat Media Briefing #FoodFestOnTikTok secara daring, Rabu (22/5/2024).

Baca juga: Resep Semangka Goreng yang Viral di TikTok, Bisa untuk Ide Jualan 

Adapun pedagang lokal tersebut juga mencakup 30 UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) binaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Faris pun menyebutkan beberapa tenant yang akan hadir, di antaranya Bloederhood Bakery, Demero Indonesia, dan pep.tive, yang merupakan UMKM yang sukses di TikTok.

Selanjutnya akan ada juga trending tenant yang sudah aktif di TikTok sejak dulu, antara lain Esteh Indonesia, Bittersweet by Najla, dan Jajargenjar. 

Ia melanjutkan, selain berburu kuliner, pengunjung juga bisa menikmati penampilan sejumlah musisi, antara lain Adrian Khalif, Stevan Pasaribu, dan Teddy Adhitya; serta mengikuti talkshow kuliner bersama Ivyfeb dan Mgdalena. 

Pada saat yang sama, ada pula hashtag challenge (tantangan tagar) berhadiah total Rp 7,5 juta yang bisa dicoba. Kamu bisa mengunggah video berdurasi minimal 60 detik dengan fitur "tag lokasi" (location tagging) dan menyertakan tagar #FoodFestOnTikTok.

Tantangan tagar tersebut berlangsung sampai Kamis (6/6/2024).

Dilansir dari laman resmi festival tersebut di TikTok, festival ini bisa didatangi secara gratis tanpa membayar tiket masuk. 

Baca juga:

Menikmati makanan yang masuk fyp TikTok

Ilustrasi roti bluder.DOK.SHUTTERSTOCK/Evie1704 Ilustrasi roti bluder.

Sebagai informasi, #FoodFestOnTikTok merupakan salah satu kampanye terbaru TikTok Indonesia dengan tagline "dari mata turun ke perut". 

"Jadi TikTok hadirkan cita rasa Nusantara yang biasanya menyapa teman-teman di laman for your page, kita bawa ke dunia nyata," ucap Faris. 

Dikutip dari laman TikTok, for your page atau fyp berisi konten-konten yang direkomendasikan aplikasi tersebut yang diharapkan bisa dinikmati pengguna.

Maka dari itu, kreator di TikTok kerap menggunakan tagar #fyp agar konten buatan mereka bisa dinikmati pengguna sehingga menambah jumlah views dan visibilitas. 

Baca juga: Resep Hong Kong French Toast, Sarapan Roti Viral di TikTok

Faris menjelaskan, selama ini TikTok sudah digunakan untuk berbagai tujuan di dunia kuliner, salah satunya menemukan hidden gem dan makanan-makanan unik di berbagai daerah. 

Ia pun mengajak para pengguna untuk berbagi, mulai dari kreasi resep, jajanan hidden gem, dan ulasan hidangan-hidangan yang unik. 

"Kami di TikTok mengambil peran untuk bisa membantu amplifikasi dan kasih ruang kepada  kreator-kreator kami untuk bisa mempromosikan diri juga kepada lebih banyak orang yang ada di TikTok," jelasnya. 

Adapun tagar #FoodFestOnTikTok sudah beredar di aplikasi tersebut dan video-video yang ada sudah ditonton sebanyak lebih dari 82 juta kali. 

Baca juga:

@my.foodplace Masih di edisi Pasar Kangen di Jogja nih Foodlovers! Jajan disini tuh bakal kalap banget deh, ini aku rekomendasiin gorengan enak di festival ini! Disimpen videonya biar bisa dicoba pas event Pasar Kangen ada lagi!???? #KulinerJogja #EventJogja #KompasFood ? original sound - Foodplace
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com