Kompas.com - 18/08/2022, 19:32 WIB

KOMPAS.com -  Uap kuah kaldu mi nampak mengepul memenuhi bagian sisi kanan restoran 101 Urban Hotel Jakarta Kelapa Gading.

Sesaat setelah tutup panci kuah kaldu dibuka, aroma gurih sedap perlahan mulai memenuhi indera penciuman saya.

Kunjungan Kompas.com ke 101 Urban Hotel Jakarta Kelapa Gading pada Selasa (16/8/2022) memberikan pengalaman yang cukup unik, karena semua makanan yang disajikan dibuat menggunakan bahan dasar mi.

Ada empat jenis olahan mi yang disajikan sebagai menu utama, yakni Mi Terbang Rajawali (Mi Terbang Kemerdekaan), Mi Janda Tumpah, Laksa Tangerang, dan Soto Mi Bogor.

Ini sesuai dengan tema acara, yakni Wisata Gastronomi Festival Mi Nusantara

Baca juga:

Rujak mi asam segar

Sajian rujak mi sebagai hidangan pembuka di 101 Urban Hotel Jakarta pada acara Wisata Gastronomi Festival Mi Nusantara.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Sajian rujak mi sebagai hidangan pembuka di 101 Urban Hotel Jakarta pada acara Wisata Gastronomi Festival Mi Nusantara.

Hidangan pertama yang disajikan di hadapan saya sebagai hidangan pembuka yakni camilan berupa rujak mi.

Bentuknya serupa risoles biasa tanpa tepung panir, berisi mi dan sayuran yang dipotong seukuran batang korek api. Di dalam isian, mi dan potongan sayur dicampur dengan saus rujak.

Perpaduan mi kenyal dan gurih bersama sayuran segar menurut saya rasanya cukup unik. Apalagi ditambah sentuhan asam segar pedas dari kuah rujak. 

Rasanya serupa dengan rujak buah biasa, tapi terasa sedikit lebih asam, dan gurih karena dibalut dengan kulit serupa lumpia yang renyah.

Sebagai hidangan pembuka, rasa dan ukuran yang disajikan pas, tidak terlalu kecil tapi cukup mengganjal perut sembari menunggu hidangan utama datang. 

Baca juga:

Mi Janda Tumpah Jakarta Darmawangsa

Sajian Mi Janda Tumpah di 101 Urban Hotel cabang Darmawangsa Jakarta.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Sajian Mi Janda Tumpah di 101 Urban Hotel cabang Darmawangsa Jakarta.

Penamaan mi signature di Hotel 101 Darmawangsa ini cukup unik dan menarik perhatian para pengunjung yang datang.

Executive Chef di unit PHM Chef Kholik mengatakan bahwa nama Mi Janda Tumpah merupakan singkatan dari Mi Jakarta Darmawangsa.

Sajian ini serupa dengan bakmi ayam yang biasa di temui di pasaran, bedanya mi ini disajikan dalam porsi besar dan kuahnya lebih ringan.

Semangkuk Mi Janda Tumpah terdiri dari mi ayam, taoge, caisim rebus, pangsit isi siomai ikan, tahu putih goreng, dan disiram kuah kaldu ayam.

Kuah kaldu ayam mi ini cukup gurih dan rempah yang digunakan cukup kuat, sehingga terasa lezat meskipun belum diberi kondimen tambahan seperti kecap, daun bawang, dan saus cabai pedas.

Sebagai makanan utama, sajian ini menurut saya ringan tapi tetap mengenyangkan perut, apalagi ditambah topping potongan ayam kecap layaknya bakmi.

Baca juga: Resep Mi Rebus Medan, Kuahnya Medok dan Isian Bervariasi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.