Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba 4 Premium Bento ala Restoran Jepang di Jakarta Selatan, Ada Natto Udon

Kompas.com - 01/09/2022, 20:33 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Ruangan yang sempit dan sesak sukses mematahkan ekspektasi saya ketika melangkah masuk ke ruangan restoran khas Jepang berukuran mini di Jakarta Selatan.

Pelibatan ornamen kayu berwarna terang untuk sebuah restoran berukuran mini agaknya patut diacungi jempol, karena bisa menyulap ruangan sempit menjadi terasa hangat dan lapang.

Tidak lupa penataan lampu dan hiasan simpel di beberapa titik dan sudut restoran membuat restoran ini semakin terasa nyaman.

Penawaran menu premium bento khas Jepang oleh gerai Hotaru Deli membuat saya penasaran dan berkesempatan menyambangi ke lokasi.

Tempatnya cukup strategis, berada di kawasan mall ITC Permata Hijau, tepatnya ada di blok ruby nomor 7, dekat dari arah pintu masuk lobi barat mall.

Menyusuri deretan blok ruby, gerai Hotaru Deli berada di sebelah kanan, terlihat mencolok dari deretan toko lainnya karena didominasi dengan ornamen kayu. 

Saat berkunjung ke gerai Hotaru Deli, Kompas.com disuguhkan empat menu bento yang cukup digemari oleh pembeli. Di antaranya ada Wagyu Sukiyaki, Unagi & Salmon Don, Nikumiso Natto Udon, dan Naikoku Ebi Ten Don.

Baca juga:

1. Wagyu Sukiyaki

Sajian Wagyu Sukiyaki di gerai Hotaru Deli.
DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Sajian Wagyu Sukiyaki di gerai Hotaru Deli.

Sajian berkuah menjadi pilihan makanan yang pertama kali saya coba, namanya Wagyu Sukiyaki.

Saus siram sukiyaki pada menu ini disajikan terpisah dengan isian, dan dapat dituang pada wadah sesaat sebelum disantap supaya isian sayur masih terasa renyah.

Saus siram berwana cokelat muda dengan tekstur cukup ringan menguarkan aroma gurih kaldu yang cukup kuat setelah dituang ke dalam wadah. 

Takaran sausnya cukup pas, tidak terlalu banyak tapi cukup menggenangi setengah bagian isian. 

Kolaborasi warna di sini cukup menarik, di samping sebagian kondimen didominasi oleh warna cokelat yang juga selaras dengan warna wadah, tetapi pelibatan warna hijau pada potongan daun bawang dan horenso (bayam khas Jepang) membuat hidangan ini nampak lebih segar.

Cukup banyak kondimen yang dilibatkan di sini, di antaranya ada irisan tipis daging wagyu, potongan tofu silken, jamur enoki, jamur shitake, jamur shimeji, jamur kancing, dan shirataki.

Sebagai pelengkap sajian, juga disediakan seporsi nasi Jepang pulen dengan tambahan oshinko (acar jepang berisi lobak putih dan kyuri).

Baca juga: 4 Beda Shabu-shabu dan Sukiyaki, Makanan Berkuah dari Jepang

Serupa dengan aroma kaldu, racikan kaldu sukiyaki di Hotaru Deli ini cukup kuat dengan rasa gurih-manis dan sedikit rasa asin.

Cita rasa empuk dan lembut dari irisan daging wagyu terasa saat suapan pertama berhasil lolos di tenggorokan saya. Disusul tofu yang lembut segar dan renyahnya potongan jamur. 

Sajian ini lebih dominan dengan rasa manis, karena sebelumnya isian sukiyaki sudah direbus bersama kuah kaldu terlebih dahulu. Namun, cukup pas saat dicampur dengan sedikit oshinko yang disuap bersama nasi pulen.

Apabila kamu tidak terlalu suka rasa manis, paket ini juga dilengkapi dengan bubuk cabai merah yang bisa ditambahkan pada kuah kaldu.

2. Unagi & Salmon Don

Sajian Unagi dan Salmon Don di Hotaru Deli.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Sajian Unagi dan Salmon Don di Hotaru Deli.

Warna merah segar dari tomat ceri serta olesan saus pada potongan salmon dan unagi nampak begitu menggiurkan. Ditambah warna orange cerah potongan daging salmon yang nampak empuk dan tebal membuat saya ingin segera menyantapnya.

Secara visual makanan ini menurut saya cukup menarik, porsinya cukup banyak dengan penataan yang epik.  

Ekspektasi saya cukup tinggi pada hidangan kedua ini, terutama pada salmon dan unagi.

Hal ini karena pada hidangan pertama lidah saya sudah disambut dengan makanan dengan rasa yang cukup kuat. 

Daging salmon yang disajikan cukup tebal terasa empuk dan lembut di  lidah. Akan tetapi agaknya olesan saus nitsume pada salmon di sini menurut saya terasa kurang meresap pada daging.

Begitu juga dengan daging unagi bakar dengan olesan saus kabayaki. Warna coklat kemerahan pada salmon pada awalnya saya pikir akan terasa lebih gurih. Namun, sayangnya saus ini juga kurang meresap pada daging salmon.

Akan tetapi scramble egg yang ditata di bawah unagi bakar dengan siraman saus kabayaki cukup terasa manis-gurih saat disantap bersama nasi.

Agaknya mencampur beberapa kondimen dan mengaduknya bersama nasi yang sudah disiram saus kabayaki bisa jadi solusi.

Hidangan ini juga dilengkapi horenso dan daun rosemary yang dibakar. Sehingga menguarkan aroma wangi gurih saat kemasan bento dibuka.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com