Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Kecap Inggris, Bumbu Penyedap Makanan?

Kompas.com - 14/09/2022, 17:08 WIB
Ais Jauhara Fahira,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kecap Inggris dikenal juga dengan nama saus worcestershire. Beda dengan kecap asin yang berbahan dasar kacang kedelai, kecap inggrisdibuat dengan bumbu fermentasi.

Melansir dari The Spruce Eats, kecap inggris merupakan bumbu fermentasi yang terbuat dari dasar cuka dan dibumbui dengan ikan teri, molase (pemanis dari tebu), asam, bawang merah, bawang putih, dan bumbu lainnya.

Rasa kecap inggris gurih dan manis dengan bau khas yang dihasilkan oleh cuka.

Cuka menjadi bahan utama yang membuat rasa kecap inggris memiliki rasa yang kuat. Sementara ikan teri memberikan rasa umami (rasa gurih).

Baca juga: Resep Kakap Goreng Saus Kecap Inggris, Cita Rasa Manis, Asam, dan Gurih

Bahan yang memberi rasa khas pada kecap inggris adalah asam, buah Tamarindus indica, atau kurma India dalam Bahasa Arab.

Polongnya, agak menyerupai kacang polong coklat, mengandung daging buah yang kental dan lengket yang memiliki konsistensi kurma dan rasa aprikot kurma yang pedas.

Baca juga:

Asal mula kecap inggris

Ahli kimia John Lea dan William Perrins mengembangkan saus ini di Worcester, Inggris. Mereka bereksperimen dengan saus bumbu berbasis cuka dan rasanya tidak enak.

Oleh karena rasanya tidak enak, akhirnya pasangan tersebut membiarkan saus tersebut di ruang bawah tanah, sehingga sausnya terfermentasi dan mengembangkan rasa yang kompleks.

Melansir dari Insider, pasangan tersebut kembali lagi beberapa tahun kemudian dan memutuskan untuk mencicipinya.

Mereka terkejut, karena rasanya berubah menjadi sangat enak. Saus tersebut diprodukso massal dan menjadi apa yang kita kenal sekarang sebagai kecap inggris atau saus worcestershire.

Baca juga: 15 Bumbu dan Saus Khas Chinese Food, Salah Satunya Kecap Inggris

Jenis-jenis kecap inggris

1. Bebas gluten

Kecap inggris bebas gluten dibuat dengan cuka malt bukan cuka putih. Cara memastikan kecap inggris yang kamu beli bebas gluten, kamu dapat memeriksa label pada kemasannya.

2. Kecap inggris vegetarian atau vegan

Kecap inggris jenis ini tidak memasukkan bahan ikan teri ke dalam produk mereka, sehingga aman dikonsumsi vegan atau vegetarian. Biasanya label ditampilkan jelas pada kemasan.

3. Sodium rendah

Merk Lea & Perrins dan beberapa merk lain memiliki kandungan sodium yang lebih sedikit. Kandungan sodium rendah ini cocok untuk kamu yang sedang menjalani diet sodium atau kurang menyukai rasa asin.

Baca juga: Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Beli Jajanan Kemasan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com