Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Masak 3 Olahan Ikan, Rasanya Enak dan Nutrisinya Terjaga

Kompas.com - 15/04/2022, 21:05 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ikan harus dimasak dengan cara yang benar supaya nutrisi ikan tetap terjaga. Kamu dapat menambahkan beragam rempah dan bumbu menambah kenikmatan ikan.

Apabila kamu ingin mencoba aneka olahan ikan tapi tidak ingin nutrisinya berkurang, berikut tiga pilihan olahan ikan dan tips memasak yang bisa dicoba di rumah.

Baca juga:

1. Ikan Goreng

Meskipun menggunakan minyak goreng, bukan berarti olahan ikan goreng dinilai sepenuhnya tidak sehat. Nutrisi di dalam ikan masih tetap terjaga apabila kamu menggorengnya dengan cara yang benar.

Executive Chef Hotel Santika Premier Hayam Wuruk Leonardus Benardo mengatakan cara paling tepat untuk menggoreng ikan yaitu menggunakan teknik deep fried.

"Ikannya dikasih tepung lalu dimasak menggunakan minyak yang banyak. Serupa dengan membuat tempe mendoan, bedanya ini pakai ikan," katanya saat dihubungi oleh Kompas.com melalui sambungan telepon pada Jumat (8/4/2022).

Baca juga: Resep Ikan Goreng Saus Bangkok, Cita Rasa Ala Thailand

Leo mengatakan, kunci menggoreng ikan yaitu gunakan minyak goreng panas.

Disarankan untuk menggunakan api besar untuk memanaskan minyak di awal supaya minyak cepat panas. Kemudian dilanjutkan menggoreng ikan menggunakan api sedang.

"Kalau pakai api kecil di awal, akan ada banyak minyak yang masuk dan menggenang di dalam daging ikan," ujar Leo.

Menggoreng ikan akan menghasilkan bagian luar ikan lebih cepat matang dan garing.

Namun, jangan khawatir daging ikan bagian dalam masih mentah karena saat pemindahan api menjadi sedang, daging ikan bagian dalam tetap lembut dan matang.

Baca juga: Resep Ikan Goreng Bumbu Kuning, Bumbu Dasar Bisa untuk Semua Jenis Ikan

Gulai ikan patin khas Jambi.https://pesona.travel Gulai ikan patin khas Jambi.

2. Gulai ikan

Salah satu cara supaya nutrisi ikan tidak berkurang saat digulai yaitu mengolahnya dalam keadaan tanpa tulang yaitu ikan filet.

"Kalau saya biasanya bikin ikannya difilet dulu, digoreng dengan minyak panas sebentar, lalu dimasukkan ke dalam kuah gulai yang hampir matang," ungkap Leo.

Menurut Leo, menggoreng ikan sebelum dimasukkan ke dalam kuah gulai bertujuan untuk membentuk bagian luar ikan supaya tidak mudah hancur.

Ikan mentah yang langsung dimasukkan ke dalam kuah gulai bisa hancur karena dagingnya lembut sehingga tampilan gulai pun kurang menarik.

Baca juga: Resep Gulai Ikan Nila Asam Segar, Tidak Pakai Santan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com