Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Penyebab Kolak Memiliki Rasa Asam Sepat dan Tidak Tahan Lama

Kompas.com - 15/04/2022, 13:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Bingung mau masak apa untuk takjil hari ini? Kolak menjadi salah satu menu takjil favorit yang selalu hadir memeriahkan meja makan orang Indonesia di bulan puasa. 

Cara membat kolak sebetulnya cukup mudah, tetapi kamu perlu beberapa hal agar hasilnya sesuai ekspektasi. 

Baca juga:

Kolak pisang atau kolak ubi yang memiliki rasa asam sepat dan gampang basi bisa jadi disebabkan oleh cara pilih bahan atau cara memasaknya. 

Dihubungi oleh Kompas.com, Chef Lucky Prima Nugraha selaku Pastry and Bakery Chef di The Jayakarta Suites Bandung memberikan penjelasan seputar kesalahan membuat kolak yang bisa bikin hasilnya asam sepat. 

Baca juga:

Ilustrasi kolak nangka dengan pisang dan labu untuk takjil buka puasa. SHUTTERSTOCK/ dwimulyani Ilustrasi kolak nangka dengan pisang dan labu untuk takjil buka puasa.

1. Menggunakan pisang yang masih mentah 

Pisang menjadi salah satu bahan isian membuat kolak. Menurut Chef Lucky, pemilihan pisang yang salah misalnya saja menggunakan pisang yang masih mentah justru bisa membuat hasil kolak sepat. 

"Itu dari penggunaan pisangnya, kalau pisang yang digunakan itu masih mentah ya nanti hasilnya sepat dan bisa berubah warna jadi biru, berdasarkan pengalamannya." Kata Chef Lucky kepada Kompas.com pada Rabu (13/04/2022).

Baca juga:

Ilustrasi kolak pisang dan kolang-kaling untuk takjil buka puasa. SHUTTERSTOCK/ Siti Mutmainah Ilustrasi kolak pisang dan kolang-kaling untuk takjil buka puasa.

2. Merebus santan tidak sampai panas betul 

Selain itu, membuat kolak dengan menggunakan santan yang tidak panas betul atau tidak sampai mencapai titik didih tertentu, bisa membuat kolak menjadi gampang basi. 

"Kalau pakai santan yang tidak panas betul itu bisa bikin kolaknya cepat basi. Jadi, pastikan pakai yang sudah panas betul. Itu yang biasanya jadi kendala saat membuat kolak." imbuhnya. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com