BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan KFC

Kabar Gembira, KFC Perkenalkan Menu Baru Rosemary Butter Grilled Chicken dan Hadirkan Kembali Menu Klasik Andalannya

Kompas.com - 15/04/2022, 13:05 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKFC Indonesia menghadirkan menu baru, yakni Rosemary Butter Grilled Chicken. Menu ini tersedia dan sudah bisa dinikmati pelanggan setia KFC Indonesia di tiga gerai Jakarta, yakni KFC MT Haryono, Cempaka Putih, dan Kemang Raya mulai Jumat (15/4/2022).

Seperti namanya, Rosemary Butter Grilled Chicken adalah sajian ayam panggang berbalut racikan bumbu khusus dan rempah istimewa khas KFC.

Menu tersebut tergolong spesial dan berbeda dari menu lain yang pernah dibuat oleh KFC Indonesia lantaran diolah dengan cara dipanggang.

Seperti diketahui, KFC dikenal sebagai restoran yang menghasilkan produk olahan ayam goreng. Kali ini, mereka mencoba hal baru dengan melakukan metode memasak yang berbeda dari sebelumnya.

Kompas.com menjadi salah satu yang berkesempatan mencicipi menu tersebut lebih dulu pada Rabu (13/4/2022).

Dalam sepiring paket menu, terdapat satu potong ayam panggang dengan tampilan warna coklat kemerahan bertabur rempah daun rosemary di atasnya yang menggugah selera disajikan bersama nasi hangat.

Saat menu tersebut disajikan, aroma dari rempah khas Italia langsung tercium. Potongan ayam Rosemary Butter Grilled Chicken dimasak sampai tingkat kematangan yang pas sehingga menghasilkan tekstur kulit luar yang renyah, tetapi dagingnya juicy di dalam.

Rasa gurih dari lelehan butter dan hint pedas bercampur menjadi kombinasi rasa yang nikmat saat disantap

Perkuat brand identity

Chief Marketing Officer PT Fast Food Indonesia Hendra Yuniarto mengatakan, Rosemary Butter Grilled Chicken hadir untuk memperkuat brand identity KFC Indonesia.

Sejak hadir pertama kali di Tanah Air pada 1979, KFC secara konsisten memberikan hidangan yang mampu memanjakan lidah masyarakat Indonesia.

Keberhasilan tersebut tak lepas dari inovasi yang telah KFC Indonesia lakukan terhadap berbagai produk olahan ayam unggulannya.

Maka dari itu, slogan “Jagonya Ayam” yang diusung pun bukan sekadar kiasan belaka. Pasalnya, KFC berhasil menghadirkan produk olahan ayam yang bisa menggugah selera. Kehadiran menu Rosemary Butter Grilled Chicken merupakan bagian dari inovasi tersebut.

Menu terbaru KFC, Rosemary Butter Grilled Chicken.Dok. KFC Indonesia Menu terbaru KFC, Rosemary Butter Grilled Chicken.

“Selama ini, kami dikenal karena menu ayam goreng. Nah, kali ini kami mencoba yang berbeda karena sudah banyak kompetitor KFC yang mengikuti menu ayam goreng. Oleh karena itu, kami mencoba memberanikan diri dengan mengeluarkan produk ayam panggang,” ujar Hendra dalam konferensi pers yang diadakan, Rabu.

Mengenai menu baru yang hanya tersedia pada tiga gerai, Hendra mengakui bahwa pihaknya masih memiliki keterbatasan dalam menyediakan bahan baku dan bumbu untuk menghadirkan sajian baru tersebut.

“Sampai Lebaran nanti, pengiriman (bahan baku dan bumbu) masih terbatas. Itulah alasan kami hanya menyediakan menu ini di tiga gerai saja. Berdasarkan rencana, kami sudah menyiapkan 16 gerai lainnya (untuk menyusul menghadirkan menu ini). Semoga hal tersebut dapat segera terealisasi,” kata Hendra.

Hendra menambahkan, meski metode memanggang adalah pertama kali diaplikasikan di KFC Indonesia, cara tersebut sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh KFC yang ada di beberapa negara lain.

Ia pun menilai, tahun ini merupakan momen tepat bagi KFC Indonesia untuk memperkenalkan metode olahan ayam dengan memanggang.

Menurut Hendra, hal tersebut menjadi nilai lebih saat pergerakan atau akses masyarakat untuk keluar negeri terbatas akibat Covid-19. Setelah peluncuran resmi, pihak KFC Indonesia tak sabar menantikan respons dari pelanggan setia di Indonesia.

“Kami ingin melihat respons masyarakat terhadap menu ini. Semoga saja positif sehingga kami bisa menyediakannya secara permanen. Namun, kami bisa pastikan bahwa metode grill yang KFC gunakan tetap permanen. Soal rasa, kami akan terus melakukan improvisasi,” ucap Hendra.

Adapun rasa Rosemary Butter Grilled Chicken saat ini, lanjut Hendra, dinilai sudah memiliki rasa yang tepat.

“Menu ini sangat spesial karena pengolahannya berbeda dari yang sudah KFC lakukan selama ini. Kami juga sudah memilih bahan terbaik. Jadi, soal rasa, ini sudah sangat tepat,” kata Hendra.

Perluas layanan Classic Menu

Selain menghadirkan menu baru, KFC Indonesia juga mengumumkan akan memperluas menu andalannya, yakni Classic Menu.

Sebagai informasi, Classic Menu adalah menu yang ditawarkan KFC saat membuka gerai pertamanya di Indonesia.

Sajian menu tersebut terdiri dari satu potong ayam orisinal, roti, jagung rebus, coleslaw, dan mashed potato dengan saus gravy.

Classic Menu KFC yang kembali hadir di Indonesia. Dok. KFC Indonesia Classic Menu KFC yang kembali hadir di Indonesia.

Menu tersebut sempat dihentikan oleh KFC Indonesia. Namun, sejak Mei 2021, KFC Indonesia memutuskan untuk menghadirkan kembali Classic Menu di tiga gerai, yakni KFC Melawai, Emerald Bintaro, dan Riau, Bandung.

Kini, layanan pada menu tersebut telah diperluas sehingga tersedia pada 13 gerai KFC di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Jawa Tengah, Kalimantan, serta Sulawesi sejak Jumat (1/4/2022).

Hendra mengatakan, Classic Menu dihadirkan kembali pada sejumlah gerai KFC di Indonesia karena mempertimbangkan minat konsumen yang tinggi terhadap menu tersebut.

“Kami selalu ingin memberikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia. Jadi, kami penuhi kemauan mereka dengan menambah layanan untuk Classic Menu,” ujar Hendra.

Hendra menambahkan, selain kembali menghadirkan menu klasik di Indonesia, pihaknya juga akan menghadirkan menu unggulan lain pada masa mendatang.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com