Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Simpan Ikan Segar Tanpa Kulkas, Bisa Pakai Es Batu dan Garam

Kompas.com - 15/04/2022, 15:09 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com -Ikan mentah yang tidak langsung diolah menjadi masakan biasanya akan disimpan di dalam freezer atau diawetkan menggunakan teknik tertentu supaya bisa tahan lama.

Ikan yang diawetkan biasanya sudah dalam keadaan kering dan keras. Beberapa teknik pengawetan yang umum diketahui yaitu ada pengasapan, penggaraman, pengeringan, dan lain-lain. 

Khusus untuk ikan dalam kondisi segar biasanya disimpan di dalam freezer supaya bisa diolah tanpa merubah tekstur ikan. 

Baca juga:

Lalu, bisa kah ikan segar tahan disimpan tanpa dimasukkan ke freezer?

Executive Chef Hotel Santika Premier Hayam Wuruk Leonardus Benardo mengatakan bahwa ikan bisa disimpan dan tahan lama tanpa menggunakan freezer.

"Caranya siapkan kontainer kosong, kemudian isi dengan bongkahan es batu dan garam, lalu taruh ikan di tengah-tengah, " katanya saat dihubungi oleh Kompas.com pada Jumat (8/4/2022).

Leo mengatakan bahwa penyimpanan ikan di dalam kontainer biasanya dilakukan oleh para nelayan saat menangkap ikan di laut. Cara ini juga dilakukan pedagang ikan di pasaran. 

Penambahan garam di dalam kontainer bertujuan untuk membantu es tidak mudah mencair, sehingga dapat mempertahankan suhu dingin kontainer.

Baca juga:

Ada banyak cara memilih ikan segar di pasar. Salah satunya dengan melihat mata ikan. SHUTTERSTOCK /Atsushi Hirao Ada banyak cara memilih ikan segar di pasar. Salah satunya dengan melihat mata ikan.

Kontainer yang biasa dilihat di pasaran umumnya menggunakan bahan stirofoam. Namun, kamu juga bisa menggunakan wadah lain untuk menyimpan ikan.

"Bisa pakai tempat apapun, bahkan bisa pakai ember. Cukup masukkan  es batu dan garam ke dalam ember dan taruh ikan di bagian tengah," katanya.

Namun demikian, cara ini tidak bisa dilakukan untuk penyimpanan ikan dalam jangka waktu yang terlalu lama. Hal ini karena es batu dan garam hanya bisa menunda pembusukan ikan.

"Ini cuma bisa tahan sehari, bahkan tidak sampai 24 jam. Jadi sebaiknya ikan segera diolah supaya tidak busuk, katanya. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com