Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Hadir Mesin "Printer" Minuman Pertama di Dunia, Seperti Apa?

Kompas.com - 10/03/2022, 15:03 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah perusahaan berbasis teknologi di Redwood City, California, bernama Cana berhasil menemukan mesin "printer" minuman molekuler pertama di dunia. 

Dikutip dari Food and Wine, mesin ini beroperasi menggunakan cartridge seperti pada printer yang dilengkapi dengan aneka perasa, sehingga memungkinkan penggunannya membuat berbagai jenis minuman yang berbeda.

CEO Cana Technology Matt Mahar mengatakan bahwa pembuatan mesin minuman ini menghabiskan waktu sekitar tiga tahun. Ia berharap mesin ini dapat memberikan kemudahan bagi penggunanya.

"Cana One dirancang untuk memberi setiap pelanggan kenyamanan, penghematan, dan pengalaman yang tidak mereka ketahui sebelumnya," kata CEO Matt Mahar pada Jumat (4/3/2022).

Baca juga:

Sekilas bentuk mesin ini serupa denagn mesin minuman berbasis pod, bedanya mesin buatan Cana tidak menggunakan pod. 

Beberapa minuman yang dapat dibuat menggunakan mesin Cana seperti es kopi, es teh, teh bersoda, minuman kesehatan, minuman ringan, koktail, dan anggur.

Mesin tersebut juga memungkinkan penggunaanya untuk menyesuaikan takaran bahan pembuat minumam yang digunakan seperti gula, kafein, dan alkohol menggunakan kode pin khusus. 

Matt manyampaikan bahwa hadirnya mesin "printer"  minuman ini tidak hanya dapat membantu penghematan melainkan juga membantu meminimalisir penumpukan sampah bekas minuman seperti wadah plastik, aluminium, dan kaca. 

Mesin "printer" minuman ini dihargai Rp 7 juta-an untuk 10.000 pemesanan pertama, dengan biaya pembayaran di muka senilai Rp 1,4 juta-an. Setelah itu, harganya akan naik menjadi Rp 11,4 juta-an.

Cana memberikan pelayanan gratis untuk penggantian cartridge tetapi pelanggan harus membayar untuk setiap jenis perasa minuman yang ingin diisi. 

Beberapa di antaranya seperti Rp 4.171 untuk perasa air soda, Rp 11.362 untuk perasa es teh, dan Rp 43.000 untuk perasa koktail.

Mesin "printer" minuman buatan Cana sudah dapat dipesan mulai dari sekarang, dan diperkirakan akan dikirim pada awal 2023.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com