Kompas.com - 08/06/2021, 19:13 WIB
Ilustrasi minuman terbuat dari rebusan serai dan daun jeruk. SHUTTERSTOCK/SNARONGRIT99Ilustrasi minuman terbuat dari rebusan serai dan daun jeruk.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Saat menyantap makanan pedas, paling asyik jika didampingi minuman dingin. Jika bosan dengan es teh manis, coba buat es teh serai yang kaya manfaat. 

Selain menyegarkan, es teh serai juga dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Bahkan, dapat pula membuat pencernaan lebih sehat. 

Resep es teh serai dari buku "Menu Seminggu Masakan Asli Tatar Sunda" karya Rostiawati terbitan PT Gramedia Pustaka Utama ini bisa kamu sontek. Yuk, simak resepnya. 

Baca juga: 4 Fungsi Serai dalam Masakan, Bikin Aroma Hidangan Lebih Wangi

Resep es teh serai 

Bahan 

  • 1 lt air 
  • 3 sdt daun teh bubuk
  • 4 batang serai berukuran 20 cm, iris ukuran 4 cm
  • Es batu secukupnya

Cara membuat es teh serai

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Rebus air, daun teh, dan serai hingga mendidih. Angkat dan biarkan sampai dingin. 

2. Tuang ke dalam gelas, bubuhi dengan es batu. Hidangkan segera.

Bila ingin manis, tambahkan gula pasir cair sesuai selera. 

Buku "Menu Seminggu Masakan Asli Tatar Sunda" karya Rostiawati terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X