Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/06/2021, 20:07 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Masakan Indonesia identik dengan bumbunya yang kaya. Ada banyak bumbu dapur yang kerap digunakan pada masakan Indonesia. Salah satunya ialah serai atau serai. 

Serai juga dikenal dengan nama lemongrass. Masyarakat Indonesia kerap menggunakan serai untuk menyedap aneka masakan. Barangkali, kamu pun pernah memakai serai pada masakan. 

Baca juga: 15 Rempah Indonesia untuk Sedapkan Masakan, Ada Jahe dan Andaliman

Apa itu serai?

Ilustrasi serai, sereh. PIXABAY/STI300P Ilustrasi serai, sereh.

Dikutip dari buku "Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia" karya Murdijati Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, serai adalah tumbuhan rumput yang dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan obat.

Tanaman ini cukup mudah dibudidayakan. Bahkan hampir tidak memerlukan perawatan khusus.

Serai berakar tunggal, berserabut, dan mempunyai rimpang yang pendek. Batangnya yang semu dan kaku, diselimuti oleh pelepah daun.

Namun, pelepah daun tersebut harus diambil dulu sebelum serai digunakan. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan khasiat serai.  

Baca juga: Resep Gulai Ayam Padang, Empuk dan Cepat Masaknya

Sebagai bumbu dapur, serai banyak digunakan untuk menyedapkan masakan dan kue. Masakan tersebut antara lain gulai, tongseng, kuah soto, brongkos, dan lain-lainnya. 

Tak hanya itu saja, serai pun dapat membuat masakan lebih harum. Oleh karenanya, wajar bila serai sering digunakan untuk membuat wedang. 

Dalam penggunaannya, batang serai dimemarkan terlebih dulu. Sementara, untuk daun serai sendiri agak jarang digunakan. 

Ilustrasi minuman terbuat dari rebusan serai dan daun jeruk. SHUTTERSTOCK/SNARONGRIT99 Ilustrasi minuman terbuat dari rebusan serai dan daun jeruk.

Beberapa daerah menyebut serai dengan nama lain. Di Aceh, serai dikenal dengan nama threue. Sementara, di Batak serai disebut dengan sere, sereh, dan sange-sange.

Masyarakat Minangkau menyebut serai dengan nama sarai, sereh arun, dan sereh betawi. Di Bali, serai dikenal dengan nama see

Baca juga: Resep Tongseng Ayam Pedas yang Simpel, Bikin buat Makan Malam

Kandungan dan manfaat serai 

Daun serai mengandung minyak atsiri sebanyak 0,4 persen dengan komponen yang terdiri dari sitral dan sitronelol sekitar 66-85 persen. 

Pada penelitian lain, di daun serai ditemukan minyak atsiri sebanyak satu persen. Kompenen utamanya yakni sitronelol sekitar 35 persen dan geranial kurang lebih 20 persen. 

Di samping itu, terdapat pula geranial butirat, sitral, limonen, eugenol, dan mentileugenol.

Baca juga: Resep Salad Buah Aroma Serai, Harumnya Bikin Nagih

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com