Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasi Rantang Sangu Bapak, Kuliner Unik Makan di Tengah Sawah Binjai

Kompas.com - 28/02/2022, 18:12 WIB
Silvita Agmasari

Editor

KOMPAS.com - Rantang semakin jarang digunakan sebagai wadah makanan saat ini. 

Satu tempat wisata di Binjai, Sumatera Utara, menyajikan pengalaman makan makanan tradisional di tengah sawah dan penyajian makanan menggunakan rantang. 

Nama paket makanan tradisional dengan rantang tersebut diberi nama Nasi Rantang Sangu Bapak.

Paket Nasi Rantang Sangu Bapak terdiri dari Sambal belacan, ikan asin goreng tepung, empat potong ayam kampung gulai,  empat potong ikan nila bakar, rendang jengkol, rebusan sayur jipang,daun singkong, dan sayur genjer. 

Paket sudah termasyk nasi dan satu teko teh manis hangat. Nasi Rantang Sangu Bapak dihargao Rp 220.000 yang bisa dinikmati enam orang. 

Baca juga:

"Kalau ingin menambah nasi dengan tema satu bakul ditambah biaya sebesar Rp 25.ooo," ujar Penanggung jawab Lukis Sawah, Deni Ramadan, dikutip dari Tribun Medan, Sabtu (19/1/2022). 

Deni mengatakan bagi pengunjung yang tidak ingin bersantap di Sawah Lukis, bisa berwisata dengan membeli minuman seharga Rp 20.000. 

Pada masa pandemi ini, pengelola Sawah Lukis mengembangkan spot wisata dan menu makanan untuk menarik pengunjung. 

Deni juga menyebutkan protokol kesehatan dijaga ketat sesuai aturan pemerintah. 

"Musim panen itu sawahnya kan berwarna kuning makanya kita akan terus lakukan pengembangan dan perbaikan agar masyarakat tidak bosan untuk datang kesini," jelas Deni.

Baca juga:

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Nasi Rantang Sangu Bapak, Kuliner Tradisional yang Ramah di Kantong, https://medan.tribunnews.com/2022/02/19/nasi-rantang-sangu-bapak-kuliner-tradisional-yang-ramah-di-kantong.

Penulis: Anisa Rahmadani | Editor: Ayu Prasandi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com