Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Memasak Kepiting agar Tidak Bau Amis dan Bumbu Meresap

Kompas.com - 09/02/2022, 10:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak resep olahan kepiting yang bisa kamu ikuti. Kalau kamu berencana mengikuti cara masak kepiting dengan aneka saus atau bumbu tersebut.

Sebaiknya, kamu mengetahui cara memasak kepiting agar tidak bau amis dan bumbunya meresap hingga ke serat daging terdalam.

Melansir dari majalah Saji ED 327 2015 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada cara olah kepiting hidup untuk bikin masakan lezat dengan bumbu meresap.

Baca juga:

1. Cara pilih kepiting hidup

Cara memasak kepiting yang benar adalah pilih kepiting hidup. Kamu bisa mengeceknya dengan cara menggerakkan salah satu anggota tubuh kepiting.

Kalau kepiting memberikan respon, itu artinya kepiting dalam keadaan masih hidup. Saat sudah berada di rumah, tusuk bagian perut untuk membuatnya mati.

2. Cara bersihkan kepiting

Ada cara membersihkan kepiting yang tepat yaitu dengan cara disikat di bawah kucuran air bersih yang mengalir. Pastikan, kamu tidak terlalu buru-buru untuk merebus kepiting.

Baca juga:

Ilustrasi kepiting saus asam manis pedas ala restoran. SHUTTERSTOCK/SRI WIDYOWATI Ilustrasi kepiting saus asam manis pedas ala restoran.

3. Cara memasak kepiting agar tidak bau amis

Setelah mengikuti cara membersihkan kepiting yang benar, selanjutnya kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus.

Sebenarnya, kepiting bisa diolah dengan cara dikukus. Namun sebagian orang lebih suka merebusnya.

Baca juga:

Kalau kamu memilih untuk merebus kepiting, rebus dengan sepotong kecil arang. Arang bisa menyerap racun yang ada di dalam kepiting sehingga tidak membuat alergi.

Selain direbus dengan arang, kamu juga bisa mengikuti cara masak kepiting agar tidak amis yaitu dengan menggunakan jahe yang sudah digeprek.

4. Cara memasak kepiting agar bumbu meresap

Setelah kepiting dimasak hingga matang, memarkan sebagian anggota tubuh kepiting agar bumbunya meresap.

Selain itu, memarkan kepiting juga bisa memudahkan kita saat menikmatinya. Selanjutnya, kamu bisa mengikuti resep olahan kepiting seperti resep kepiting saus padang atau resep kepiting saus tiram.

Baca juga:

Majalah Saji ED 327 2015 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com