Cara Gampang Mengolah Kepiting Agar Tidak Mencapit, Taruh di Freezer

Kompas.com - 04/06/2020, 21:23 WIB
Kepiting tumis pedas, hidangan di Sate & Seafood Senayan. Kompas.com/Silvita AgmasariKepiting tumis pedas, hidangan di Sate & Seafood Senayan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasak kepiting di rumah sepertinya harus behati-hati terhadap capitnya yang keras dan kuat. Ternyata ada cara aman untuk menjinakkan kepiting terlebih dahulu agar tidak mencapit.

Baca juga: Resep Kepiting Angeun Lada, Hidangan Seafood yang Mudah Dibuat

Sous Chef Aston Anyer Beach Hotel Faiz Firmansyah, memberikan tips bagaimana cara mudah memasak kepiting agar tidak mencapit dan bau amis hilang.

" Kepiting bisa dijinakan dengan memasukannya ke dalam freezer atau refrigerator terlebih dahulu kira- kira 15 menit," jelas Faiz kepada Kompas.com, Rabu (6/5/2020).

Cara tersebut bisa membuat kepiting lesu dan mudah dikendalikan. Saat kepiting mulai lesu dan lemas sehabis didinginkan, kamu bisa mencuci kepiting.

Cuci kepiting dengan air mengalir, pastikan kamu sudah menyikat bagian sela-sela capit, kaki dan cangkang kepiting supaya tidak ada kotoran yang tertinggal.

Selanjutnya mematikan kepiting dengan cara balik bagian bawah kepiting, tusuk tepat di tengahnya.

Letakkan kepiting dengan dada menghadap ke atas, buang cangkang pembuangannya. Belah tepat di tengah dan buang insangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X