Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kesalahan Goreng Kulit Ayam, Bikin Hasilnya Gagal Kriuk

Kompas.com - 13/11/2021, 20:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kulit ayam goreng yang renyah bisa jadi camilan atau lauk makan favorit orang di rumah. Cara membuat kulit ayam agar renyah bisa dibilang gampang-gampang susah.

Pasalnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggoreng kulit ayam. Hal ini menghindari kulit ayam goreng buatanmu hasilnya tidak renyah.

Berikut beberapa kesalahan saat menggoreng kulit ayam yang bikin hasilnya gagal kriuk, seperti yang disampaikan oleh Albert Susanto selaku pemilik Nasi Kulit Pas Kantong di Jakarta.

Baca juga:

1. Penggunaan minyak goreng yang kurang panas

Ilustrasi kulit ayam goreng.DOK.SHUTTERSTOCK/SULUH ARDHI Ilustrasi kulit ayam goreng.

Kesalahan goreng kulit ayam yang pertama adalah penggunaan minyak goreng yang kurang panas. Albert menyarankan untuk menggoreng kulit ayam dalam minyak goreng yang panas.

“Kalau di kita, itu kulit ayamnya dilapisi tepung. Jadi bisa dibayangkan, kalau pakai minyak kurang panas pasti hasilnya kurang renyah. Jadi, pastikan pakai minyak panas.” ujar Albert.

Menurut Albert, penggunaan minyak goreng yang panas bisa membuat kulit menjadi renyah dan tidak menyerap banyak minyak.

2. Penggunaan api yang kecil

Selain karena penggunaan minyak yang kurang panas, penggunaan api yang kecil dari awal juga bisa menjadi faktor yang membuat kulit ayam gagal kriuk.

“Kalau apinya kecil terus itu ya bisa bikin kulit ayam jadi nggak renyah. Trus menyerap banyak minyak gitu. Biasanya itu sih kesalahan saat goreng kulit ayam.” tutur Albert kepada Kompas.com pada Kamis (11/11/2021).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com