Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Bone Broth dari Grouu, Kaldu Tulang buat Beragam Masakan

Kompas.com - 31/10/2021, 22:03 WIB
Lea Lyliana

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Bone broth adalah kaldu yang terbuat dari rebusan tulang dan jaringan ikan hewan.

Bone broth umumnya terbuat dari tulang sapi maupun ayam yang direbus lama. Waktu perebusan bone broth sekitar empat hingga 24 jam.  

Bone broth dapat digunakan dalam berbagai hidangan, seperti sup maupun saus. Baru-baru ini bone broth populer di kalangan masyarakat karena dipercaya bermanfaat bagi kesehatan.

Mengutip dari Healthline, bone broth memiliki kandungan mineral yang baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, konsumsi bone broth pun bisa meningkatkan imunitas serta efektif untuk menurunkan berat badan.  

Baca juga:

Umumnya bone broth digunakan untuk MPASI. Namun Jessica Marthin, CEO dan Co-Founder dari Grouu mengatakan bahwa sebetulnya bone broth pun bisa disantap oleh orang dewasa.

"Wah kalau bone broth enggak cuma MPASI ya sebenarnya, tapi buat orang dewasa juga bisa. Manfaatnya juga banyak itu kan," ujar Jessica kepada Kompas.com.

Ilustrasi bone broth dari Grouu. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi bone broth dari Grouu.

Pengemasan dan pengiriman

Beberapa waktu lalu, Kompas.com berkesempatan mencoba bone broth dari Grouu, layanan katering MPASI di Jakarta. Kompas.com mendapatkan bone broth sapi dan juga ayam. 

Karena Kompas.com tinggal di Yogyakarta, maka bone broth tersebut dikirim menggunakan layanan ekspedisi khusus yang memiliki lemari pendingin.

Baca juga:

Tak sampai sehari bone broth sudah sampai di rumah tinggal saya. Kemudian, Kompas.com pun bergegas membuka paket tersebut karena takut produknya rusak tapi hal tersebut tidak terjadi.

Bone broth yang dikirimkan oleh Grouu, Kompas.com terima dalam kondisi baik. Produk masih dalam kondisi beku dan tersegel. 

Jika diamati sekilas, pengemasannya pun terlihat aman. Luar paket menggunakan kardus dengan label merek, lalu di dalamnya terdapat styrofoam kotak dengan ice pack gel.

Ilustrasi pengemasan bone broth dari Grouu. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi pengemasan bone broth dari Grouu.

Bone broth-nya pun dikemas jar kaca yang masing-masing dilapisi dengan dalam bubble wrap aluminium. Jadi, saat diterima pun produk tidak rusak dan masih dalam kondisi beku. 

Setelah dibuka, Kompas.com segera menyimpan bone broth tersebut dalam freezer untuk digunakan esok hari.

Baca juga:

Rasa bone broth 

Dalam kemasan bone broth dituliskan cara menyimpan serta cara mengolahnya. Sesuai instruksi Kompas.com pun memanaskan bone broth tersebut langsung dengan wadahnya. 

Untuk mengetahui rasa aslinya, Kompas.com coba langsung menyeruputnya. Dari segi aroma, bone broth sapi mirip seperti kuah bakso. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com