Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencoba Bone Broth dari Grouu, Kaldu Tulang buat Beragam Masakan

KOMPAS.com - Bone broth adalah kaldu yang terbuat dari rebusan tulang dan jaringan ikan hewan.

Bone broth umumnya terbuat dari tulang sapi maupun ayam yang direbus lama. Waktu perebusan bone broth sekitar empat hingga 24 jam.  

Bone broth dapat digunakan dalam berbagai hidangan, seperti sup maupun saus. Baru-baru ini bone broth populer di kalangan masyarakat karena dipercaya bermanfaat bagi kesehatan.

Mengutip dari Healthline, bone broth memiliki kandungan mineral yang baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, konsumsi bone broth pun bisa meningkatkan imunitas serta efektif untuk menurunkan berat badan.  

  • Grouu Baby Food, Katering MPASI di Jakarta dengan Pilihan Menu Beragam
  • Cara Membuat Kaldu Tulang Sapi, Bagus untuk Imunitas

Umumnya bone broth digunakan untuk MPASI. Namun Jessica Marthin, CEO dan Co-Founder dari Grouu mengatakan bahwa sebetulnya bone broth pun bisa disantap oleh orang dewasa.

"Wah kalau bone broth enggak cuma MPASI ya sebenarnya, tapi buat orang dewasa juga bisa. Manfaatnya juga banyak itu kan," ujar Jessica kepada Kompas.com.

Pengemasan dan pengiriman

Beberapa waktu lalu, Kompas.com berkesempatan mencoba bone broth dari Grouu, layanan katering MPASI di Jakarta. Kompas.com mendapatkan bone broth sapi dan juga ayam. 

Karena Kompas.com tinggal di Yogyakarta, maka bone broth tersebut dikirim menggunakan layanan ekspedisi khusus yang memiliki lemari pendingin.

  • Layanan Katering MPASI Jadi Finalis dalam FoodStartup Indonesia 2021
  • Cara Kemas dan Kirim Katering MPASI agar Nutrisinya Terjaga

Tak sampai sehari bone broth sudah sampai di rumah tinggal saya. Kemudian, Kompas.com pun bergegas membuka paket tersebut karena takut produknya rusak tapi hal tersebut tidak terjadi.

Bone broth yang dikirimkan oleh Grouu, Kompas.com terima dalam kondisi baik. Produk masih dalam kondisi beku dan tersegel. 

Jika diamati sekilas, pengemasannya pun terlihat aman. Luar paket menggunakan kardus dengan label merek, lalu di dalamnya terdapat styrofoam kotak dengan ice pack gel.

Bone broth-nya pun dikemas jar kaca yang masing-masing dilapisi dengan dalam bubble wrap aluminium. Jadi, saat diterima pun produk tidak rusak dan masih dalam kondisi beku. 

Setelah dibuka, Kompas.com segera menyimpan bone broth tersebut dalam freezer untuk digunakan esok hari.

  • Penyedap Alami untuk MPASI, Bisa Pakai Rempah-rempah
  • 3 Cara Olah Katering MPASI, Apa Bedanya dengan Katering Biasa?

Rasa bone broth 

Dalam kemasan bone broth dituliskan cara menyimpan serta cara mengolahnya. Sesuai instruksi Kompas.com pun memanaskan bone broth tersebut langsung dengan wadahnya. 

Untuk mengetahui rasa aslinya, Kompas.com coba langsung menyeruputnya. Dari segi aroma, bone broth sapi mirip seperti kuah bakso. 

Sementara, bone broth ayam pun aromanya hampir mirip tapi lebih ringan. Saat dicicipi kedua bone broth tersebut memiliki rasa yang umami yang khas.

Namun, baiknya tambahkan sedikit garam agar rasanya lebih gurih.

Selanjutnya, Kompas.com coba menggunakan bone broth sapi untuk membuat sup kacang merah. Namun Kompas.com hanya memakai seperempat jar saja lalu ditambahkan dengan air.

Meski begitu rasa sup kacang merah dengan tambahan bone broth sapi ini juga gurih. Bahkan aromanya kaldunya pun masih kuat. 

  • Apa MPASI Boleh Dihangatkan Kembali? Berikut Penjelasannya
  • Ragam Lemak Tambahan untuk MPASI, Salah Satunya Santan

Sementara itu, bone broth ayam coba Kompas.com nikmati dengan tambahan garam laut saja. Dari segi rasa, bone broth ayam ini lebih ringan daripada bone broth sapi.

Sayangnya menurut Kompas.com, aromanya sedikit amis walau masih bisa ditolerir. Kompas.com pun coba menambahkan bone broth pada cokelat hangat.

Satu cangkir cokelat hangat, saya tambahkan sekitar satu sendok teh bone broth. Dari segi rasa sepertinya tidak jauh berbeda dengan cokelat hangat biasanya, hanya sedikit lebih gurih.

Namun aroma cokelatnya menjadi lebih unik, manis dan gurih khas kaldu. 

Kendati demikian, kedua bone broth ini bisa menjadi pilihan jika kamu malas membuat kaldu sendiri di rumah. Selain praktis, kaldu ini juga kaya manfaat. 

Saat cuaca sedang dingin, kamu bisa menyajikan bone broth tersebut untuk menghangatkan badan. Penggunaannya pun bisa bermacam-macam, bisa untuk sup atau tambahan minuman hangat. 

Melihat dari laman resminya, harga bone broth dari Grouu ini sekitar Rp 70.000- Rp 105.00 per jar. Satu jar berisi sekitar 210 mililiter. 

Jika ingin mencoba, kamu bisa melakukan pembelian melalui laman resmi atau media sosial @grouu.id. Selain bone broth mereka juga memiliki MPASI siap saji dengan sekitar 160 varian menu. 

https://www.kompas.com/food/read/2021/10/31/220300575/mencoba-bone-broth-dari-grouu-kaldu-tulang-buat-beragam-masakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke