Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyedap Alami untuk MPASI, Bisa Pakai Rempah-rempah

Kompas.com - 28/10/2021, 18:04 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Pada dasarnya sebetulnya MPASI sama seperti makanan orang dewasa. Hanya teksturnya perlu disesuaikan dengan usia dan kondisi anak. 

Di samping itu, penggunaan bahannya perlu diperhatikan kembali. Pasalnya, ada beberapa bahan yang tidak boleh ditambahkan dalam MPASI, misalnya gula dan garam. 

Namun demikian MPASI pun bisa dibuat enak. Caranya yakni dengan menambahkan perasa dan penyedap alami. 

Baca juga:

Penyedap alami untuk MPASI

Rempah-rempah seperti nduk kunyit, jahe merah, bunga bakung, eucaliptus, adas manis, alba, kapulaga, pala, akar angin, serai, jintan, daun sampe sempilet, bereng/ biji kecipir, daun gagatan harimau, kayu lemo, sepang (secang), bunga lawang, bawang merah, bawang putih, dan lainnya digunakan untuk pembuatan minyak Karo Laucih.KOMPAS.COM/DEWANTORO Rempah-rempah seperti nduk kunyit, jahe merah, bunga bakung, eucaliptus, adas manis, alba, kapulaga, pala, akar angin, serai, jintan, daun sampe sempilet, bereng/ biji kecipir, daun gagatan harimau, kayu lemo, sepang (secang), bunga lawang, bawang merah, bawang putih, dan lainnya digunakan untuk pembuatan minyak Karo Laucih.

Jessica Marthin selaku CEO dan Co-Founder dari Grouu menyebut bahwa rempah-rempah dan sayuran sebetulnya bisa menjadi penyedap alami MPASI.  

Pasalnya, bahan tersebut memiliki rasa asli yang beragam.

"Penyedap alaminya itu dari rempah-rempah. Misalnya mau rasa manis itu bisa rempah-rempah sama sayur, kan sebenarnya bahan itu ada rasa aslinya ya," jelas Jessica kepada Kompas.com (21/10/2021). 

Baca juga:

Tujuan pemberian penyedap alami ini yakni supaya anak bisa mengenal rasa asli dari bahan tersebut. Sebab, masing-masing bahan sebetulnya memiliki rasa yang berbeda.

"Justru dengan kita memperlambat pengenalan anak dengan gula garam itu, dia jadi lebih bisa eksplore rasa asli dari bahan baku itu. Misalnya nih kita ngomong bawang itu manis, itu kalau ada gula kan dia ketutup," ujar Jessica. 

"Padahal sebetulnya bahan-bahan seperti sayuran wortel itu kan ada rasa manisnya. Atau, buah juga ada yang manis atau lebih asam," tambahnya. 

Ilustrasi produk MPASI dari Grouu. INSTAGRAM/ Grouu Ilustrasi produk MPASI dari Grouu.

Beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai penyedap rasa yaitu bawang untuk rasa manis serta kaldu untuk rasa asin.

"Kalau manis itu dari bawang, bawang kalau kalau dioseng-oseng kan manis. Terus kalau asin, misalnya kita bikin kaldu deh, itu kan nanti juga akan asin. Jadi, semuanya dari natural seperti itu," pungkas Jessica. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com