Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Oles Kue Bulan Sebelum Dipanggang agar Mengilap

Kompas.com - 20/09/2021, 16:12 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kue bulan memiliki warna kuning kecokelatan yang mengilap dan merata pada seluruh bagiannya.

Selain karena warna adonan kue bulan itu sendiri, warna kue bulan yang kuning kecokelatan dan mengilap tersebut didapatkan dari proses oles dan panggang kue. 

Namun, tidak semua kue bulan yang sudah dioles menggunakan egg wash atau campuran telur dan susu cair dapat menghasilkan warna kue bulan merata dan mengilap.

Menurut Markus Tarwadi, Dim Sum Chef dari Gran Melia Jakarta, kue bulan harus dioles sebanyak dua kali dengan durasi dan suhu oven tertentu agar warnanya merata dan mengilap.

Selengkapnya, simak cara mengoles kue bulan sebelum dipanggang agar warnanya merata berikut ini.

Baca juga:

1. Oles perlahan hingga rata

Markus menuturkan, cara memoles kue bulan di tahapan pertama sangat berpengaruh pada hasil akhir kue bulan.

Cara memoles kue bulan yang berantakan dan tidak seimbang akan membuat warna kue bulan tidak merata dan sebagian sisi bisa lebih tebal dibandingkan sisi lainnya.

"Olesan juga ada catatan. Olesan pertama itu harus pelan-pelan, harus sampai rata untuk dapat menghasilkan diameternya tertutup semua," kata Markus kepada Kompas.com, Jumat (17/9/2021).

Kue bulan yang sudah melalui tahap olesan pertama harus dipanggang selama sembilan menit dengan suhu oven sebesar 170 derajat Celcius.

Baca juga:

2. Oles kembali agar tidak pucat

Setelah kue bulan selesai dipanggang satu kali, kue bulan harus dioles menggunakan egg wash kembali.

"Kalau olesan kedua kan cuma bikin mengilap aja, kurang berpengaruh, yang penting olesan pertama tetapi tetap harus dua kali olesan karena dia belum matang" ujar Markus.

Selain untuk menghindari kue bulan yang belum matang, tahap kedua olesan kue bulan juga penting untuk menghasilkan warna kue bulan yang tidak pucat.

"Biar minyak yang di kulit itu ke luar, pakai polesan yang kedua itu," pungkasnya.

Setelah kue bulan selesai diolesi, kue bulan harus kembali dipanggang selama lima menit menggunakan suhu oven yang sama, yaitu 170 derajat Celcius.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com