Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Durasi Menumis Bumbu Halus agar Tidak Langu?

Kompas.com - 05/06/2021, 10:34 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Biasanya ada bumbu halus yang mengeluarkan aroma langu setelah selesai ditumis. Itu bisa terjadi jika bumbu tidak ditumis hingga benar-benar matang.

Menumis bumbu halus sebaiknya hingga benar-benar matang dan mengeluarkan aroma yang harum.

Baca juga: 3 Bumbu Dasar Masakan Indonesia, Simpan Stok di Kulkas Masak Jadi Praktis

“Sebenarnya kalau saya mengidentifikasi hasil tumisan itu sudah bagus itu dari wanginya,” kata Executive Chef Hotel Santika Mega City Bekasi Sadar Bonar Nababan ketika memasak sajian Laksa Nusantara dalam Live IG Kangen Masakan Kampungku di Instagram @my.foodplace, Kamis (3/6/2021).

Laksa Nusantara buatan Executive Chef Hotel Santika Mega City Bekasi Sadar Bonar Nababan.KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN Laksa Nusantara buatan Executive Chef Hotel Santika Mega City Bekasi Sadar Bonar Nababan.

Lebih lanjut Bonar menuturkan, bahwa proses menumis bumbu halus tidak bisa diukur dengan waktu.

Tak ada waktu standar yang jadi patokan dalam menumis bumbu halus. Semuanya tergantung pada jumlah bumbu hingga jenis bumbu halus yang ditumis.

Baca juga: Cara Simpan Bumbu Dasar di Kulkas, Temperaturnya Harus Pas

“Ada satu menit kita tumis 100 gram bawang putih itu sudah wangi. Ada juga satu menit tapi belum wangi. Kenapa? Bisa jadi bawang putih mengandung banyak air,” imbuh Bonar.

Maka dari itu, patokan bumbu sudah matang dan siap diangkat atau dicampur dengan bahan masakan lainnya adalah jika bumbu tersebut sudah mengeluarkan aroma yang harum.

Jika bumbu halus sudah mengeluarkan minyak dan air dalam bumbu menyusut, artinya semua rasa pada bumbu halus juga sudah keluar. Dengan kata lain, bumbu juga sudah matang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com