Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Kecintaan pada Renang dan Sains, Uma Siswi JIS Kembangkan "MAU Swim"

Kompas.com - 11/09/2023, 18:17 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Uma Rahardja, siswi kelas 11 Jakarta International School (JIS), berhasil melakukan inovasi melalui proyek yang menggabungkan kecintaannya terhadap renang dengan minatnya dalam fisika dan teknik.

Uma, sapaan akrab siswi kelahiran Jakarta, 11 April 2007, berhasil menciptakan MAU Swim, sebuah peralatan berenang berenang pintar yang menganalisis gaya berenang dan meningkatkan kinerja.

MAU Swim bertujuan untuk merevolusi cara para perenang mendekati latihan dan teknik mereka, cocok untuk atlet kompetitif maupun perenang amatir.

Ide ini berawal dari pengalamannya sebagai perenang kompetitif dan minatnya pada engineering. Uma sendiri merupakan “A student” JIS dan sangat berminat pada bidang STEM (Science Technology Engineering & Maths).

Disamping itu, Uma juga sangat memiliki passion pada renang, di mana dirinya kerap mewakili JIS dan DKI Jakarta di berbagai pertandingan.

Hasil prototipe smart swim paddle yang diberi nama MAU Swim ini kemudian dipresentasikan Uma dalam JSS (Jakarta Scholar Symposium) yang digelar pada 24 Agustus 2023.

Selama presentasinya, Uma mengajukan pertanyaan-pertanyaan menarik tentang apa yang membedakan atlet papan atas seperti Michael Phelps di dunia renang.

Meskipun genetika, kondisi fisik, dan disiplin makan telah memainkan peran besar dalam kesuksesan Phelps, Uma menyoroti bahwa bahkan rekor-rekornya telah semuanya terpecahkan, mengindikasikan bahwa teknik adalah dasar dari keunggulan berenang.

Uma menunjukkan, teknik berenang meskipun sangat penting sulit untuk dikuasai karena sebagian besar aksi berlangsung di bawah air, sehingga sulit untuk dilihat dan dianalisis.

Peralatan berenang yang ada pada umumnya fokus pada pemantauan waktu dan penghitungan lap, meninggalkan celah dalam analisis gaya berenang.

Baca juga: Ribuan Peserta Ikut OSN 2023, Ajang Kembangkan Karakter dan Prestasi Siswa

Inilah yang kemudian Uma melakukan terobosan MAU Swim, alat berenang pintar inovatif yang dirancang mampu menganalisa gaya berenang seorang perenang.

Berawal dari kecintaan pada renang dan sains

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com