Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MISJ Raih Ragam Prestasi Ajang World Scholar’s Cup 2023 di Seoul

Kompas.com - 22/07/2023, 12:10 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Mentari Intercultural School Jakarta (MISJ) meraih berbagai penghargaan di ajang World Scholar’s Cup yang digelar pada 14-19 Juli 2023 di Seoul, Korea Selatan. Prestasi ini diraih setelah sebelumnya MISJ lolos babak kualifikasi di World Scholar’s Cup Jakarta Round.

Dalam World Scholar’s Cup yang diikuti 1.800 peserta dari seluruh dunia, MISJ mengirimkan beberapa tim untuk bertarung dalam Scholar’s Bowl, Writing, Subject Challenge, dan Debate.

MISJ menjadi sekolah pertama dalam sejarah program yang menyapu bersih penghargaan di Divisi Senior dengan menjadi juara pertama di empat bidang kompetisi. Hal ini sekaligus mempertahankan tradisi kemenangan MISJ dalam ajang World Scholar’s Cup yang telah digeluti sejak tahun 2010.

Dalam World Scholar’s Cup, MISJ meraih prestasi:

  • 1st Team Bowl, Senior Division 1st Team Writing, Senior Division
  • 1st, 5th, and 6th Team Challenge, Senior Division 1st and 9th Team Debate, Senior Division
  • 1st, 4th, and 10th Place, Champion Teams, Senior Division 2nd, 6th, and 9th Champion Scholars, Senior division
  • 4th and 10th Debate Champions, Senior Division 5th Individual Challenge, Senior Division
  • 3rd Champion Scholars, Junior Division 4th Individual Challenge, Junior Division 6th and 8th Team Debate, Junior Division
  • 7th and 9th Debate Champions, Junior Division 9th Writing Champions, Junior Division

Allegra Satyawan, salah satu anggota kontingen meraih Jac Khor Award yang diberikan kepada peserta dengan skor individu tertinggi dalam semua subject.

Tidak hanya prestasi akademik, MISJ juga memperkenalkan budaya Nusantara di Cultural Fair dengan membuka booth mengangkat budaya Nusa Tenggara Timur. Di Seoul, siswa MISJ menampilkan tari Paci, memperkenalkan rumah adat, makanan tradisional, tenun, dan membagikan souvenir sebagai tanda persahabatan dengan negara lain.

Baca juga: Prestasi Bimasakti UGM di Ajang Formula SAE Italia

Selanjutnya, tim MISJ akan berangkat ke Bangkok, Thailand untuk mengikuti kompetisi yang sama di bulan Agustus 2023. Setelah babak kualifikasi Global, tim MISJ akan mengikuti babak akhir dari kompetisi yang akan diadakan di Yale University, USA bulan Oktober 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com