Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ANAK DAN PENDIDIKAN

Ukir Prestasi di Yale, 11 Murid Berbakat BINUS SCHOOL Bekasi Bawa Pulang 11 Emas dan 18 Perak dari World Scholars Cup

Kompas.com - 17/04/2024, 11:30 WIB
Hotria Mariana,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Mutu sekolah—berdasarkan Buku Panduan Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek)—diukur melalui tiga instrumen, yakni asesmen kompetensi umum yang mencakup kemampuan literasi dan numerasi, survei karakter, serta survei lingkungan sekolah.

Di samping itu, mutu sekolah juga bisa diukur melalui prestasi siswa dalam keikutsertaan di kompetisi, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Kepala Pusat Prestasi Nasional (Pispresnas) Asep Sukmayadi menjelaskan, kompetisi merupakan katalis untuk mengenali dan mengasah potensi diri. Lewat kompetisi, murid dapat belajar daya juang dan evaluasi diri dari kompetisi.

“Kompetisi jadi katalis mengidentifikasi dan menguji diri anak-anak, serta memantapkan kemampuan literasi dan numerasi. Kompetisi juga ajang menyuburkan daya kreativitas dan imajinasi anak,” ucapnya seperti dikutip dari pemberitaan Kompas.id, Selasa (6/7/2021).

Baca juga: Penjajakan Kemitraan WSC 2024, Puspresnas Bangun Kolaborasi Wujudkan SDM Unggul Indonesia Emas

Menyadari signifikansi kompetisi terhadap mutu pendidikan, BINUS SCHOOL Bekasi kerap mengirimkan peserta didiknya untuk mengikuti berbagai perlombaan. Tak hanya di dalam negeri, kompetisi di luar negeri pun diikuti.

World Scholars Cup (WSC) yang digelar Universitas Yale, Amerika Serikat, pada tahun lalu adalah salah satunya. Di kompetisi tersebut, BINUS SCHOOL Bekasi mengirimkan 11 murid dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

WSC sendiri merupakan kompetisi bergengsi yang diikuti oleh pelajar dari berbagai negara di seluruh dunia. Kompetisi ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu Regional Round (tingkat nasional), Global Round (tingkat ASEAN), dan Tournament of Champions (tingkat global) yang biasanya diadakan di Universitas Yale.

Dengan mengikuti WSC, para murid BINUS SCHOOL Bekasi itu tidak hanya mendapatkan kesempatan untuk mengasah kemampuan dan keterampilan, tetapi juga membuka wawasan tentang berbagai isu global dan budaya dari berbagai negara.

Baca juga: Binus School Raih Medali Emas WSC 2018

Pengalaman tersebut menjadi bekal berharga bagi mereka untuk melanjutkan pendidikan dan meniti karier di masa depan.

Tak sekadar ikut serta, kesebelas murid BINUS SCHOOL Bekasi memboyong pulang 11 medali emas dan 18 medali perak dari berbagai kategori yang diikuti, yaitu Debate, Scholars' Challenge, Scholars' Bowl, dan Collaborative Writing.

Di kategori Debate, para murid menunjukkan kemampuannya dalam berargumentasi dan mempertahankan pendapat mereka dengan logis dan cerdas. Pada kategori Scholars' Challenge, mereka diuji secara pengetahuan umum dalam berbagai bidang, seperti sejarah, sains, dan sastra.

Kemudian, di kategori Scholars' Bowl, mereka bekerja sama dalam tim untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan secara cepat dan tepat.

Baca juga: 700 Siswa Ikuti WSC 2018 di Binus School

Terakhir, di kategori Collaborative Writing, mereka menunjukkan kemampuannya dalam menulis esai yang kreatif dan informatif dalam waktu singkat.

Prestasi tersebut menunjukkan kualitas pendidikan BINUS SCHOOL Bekasi yang tidak hanya fokus pada teori, tetapi juga mendorong pengembangan kemampuan dan keterampilan muridnya melalui berbagai kegiatan serta kompetisi.

BINUS SCHOOL Bekasi selalu mendorong para murid untuk berani berprestasi di berbagai bidang, baik akademik maupun non-akademik. Melalui kompetisi ini, diharapkan segala pencapaian dan proses didalamnya dapat memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pesertanya serta semangat kepada siswa-siswi lain untuk terus aktif dan menciptakan prestasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com