Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program "Doctor of Computer Science" Binus Raih Akreditasi Internasional ASIIN Jerman

Kompas.com - 04/03/2024, 17:30 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program Doctor of Computer Science (DCS) Binus University memperoleh akreditasi internasional dari ASIIN (The Accreditation Agency for Study Programmes in Engineering, Informatics, Natural Sciences and Mathematics), lembaga ternama di Jerman.

Sebagai informasi, akreditasi ASIIN merupakan pengakuan atas standar kualitas tinggi program DCS Binus University yang setara dengan program studi doktoral di Eropa.

Penilaian akreditasi ASIIN menggunakan kerangka evaluasi kualitas pendidikan yang ketat, memastikan bahwa program DCS Binus University memenuhi standar internasional dalam hal kurikulum, penelitian, pengajar, dan fasilitas.

Akreditasi ASIIN merupakan bukti nyata komitmen Binus University dalam menghadirkan program studi doktoral berkualitas tinggi yang diakui secara global," ungkap Prof. Ford Lumban Gaol, Head of Doctor of Computer Science Department Binus University.

"Prestasi ini akan semakin meningkatkan daya saing program DCS BINUS University dan membuka peluang kerjasama internasional yang lebih luas,” tambah Prof. Ford Lumban Gaol dikutip dari rilis resmi (4/3/2024).

Kriteria penilaian akreditasi ASIIN meliputi beberapa indikator penting yakni Kualitas Kurikulum, Kualitas Penelitian, Kualitas Pengajar, dan Kualitas Fasilitas.

Kurikulum program DCS Binus University harus relevan dengan kebutuhan industri saat ini dan memenuhi standar internasional dengan didukung program dan budaya peneltian yang aktif dan inovatif.

Pengajar di program DCS Binus University pun dituntut harus memiliki kualifikasi dan pengalaman memadai guna menunjang fasilitas modern dan lengkap yang mendukung proses belajar mengajar dan penelitian.

Dia juga menjelaskan, proses akreditasi ASIIN melibatkan beberapa tahapan, mulai dari pengajuan aplikasi, penilaian dokumen, visitasi di mana tim ASIIN melakukan observasi dan wawancara dengan staf pengajar, mahasiswa, dan alumni program DCS.

Setelahnya, akhirnya ASIIN memutuskan program DCS Binus University layak mendapatkan akreditasi.

Baca juga: Universitas Pancasila Siapkan Prodi untuk Gapai Akreditasi Internasional

Lebih jauh Prof. Ford Lumban menyampaikan, keberhasilan program DCS Binus University meraih akreditasi ASIIN membawa dampak dalam berbagai aspek, di antaranya:

  • Memperkuat Reputasi dan Kredibilitas: Akreditasi ASIIN semakin memperkuat reputasi dan kredibilitas program DCS Binus University sebagai prodi doktoral berkualitas internasional.
  • Meningkatkan Mutu Pendidikan: Proses akreditasi ASIIN mendorong program DCS Binus University terus meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian.
  • Membuka Peluang Kerjasama Internasional: Akreditasi ASIIN membuka peluang kerja sama internasional dengan berbagai universitas dan institusi penelitian terkemuka dunia.
  • Meningkatkan Daya Saing Lulusan: Lulusan program DCS Binus University akan memiliki daya saing tinggi di pasar kerja global.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com