Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan KIP Kuliah 2024 Ditentukan Akreditasi Prodi, Simak Besarannya

Kompas.com - 20/02/2024, 16:27 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bisa jadi salah satu pilihan bagi siswa dengan keterbatasan ekomoni yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Siswa nantinya akan diberikan bantuan penuh biaya pendidikan dan uang saku untuk memenuhi semua kebutuhan selama proses pendidikan.

Dikutip dari laman resmi KIP Kuliah, bantuan pendidikan itu hanya diberikan pada siswa yang memilih program studi (Prodi) di perguruan tinggi yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Baca juga: Tips Lolos Seleksi KIP Kuliah 2024, Pendaftar Wajib Tahu

Nantinya, besaran bantuan dana KIP Kuliah 2024 yang diterima mahasiswa juga berbeda, karena tergantung akreditasi prodi yang dipilih di perguruan tinggi.

Berikut rata-rata besaran bantuan biaya pendidikan yang akan diberikan program KIP Kuliah berdasarkan akreditasi prodi:

1. Prodi dengan akreditasi unggul atau A atau Internasional maksimal Rp 8 juta dan khusus prodi kedokteran maksimal Rp 12 juta.

2. Prodi dengan akreditasi baik sekali atau B maksimal Rp 4 juta.

3. Prodi dengan akreditasi baik atau C maksimal Rp 2,4 juta.

Selain biaya ini, perguruan tinggi tidak boleh lagi meminta tambahan biaya apapun yang terkait operasional pendidikan atau terkait langsung dengan proses pembelajaran mahasiswa.

Namun, biaya operasional pendidikan tidak termasuk untuk menanggung biaya jas almamater atau baju praktikum, biaya asrama, biaya pendukung pelaksanaan KKN, PKL, atau magang, biaya kegiatan pembelajaran dan penelitian yang dilaksanakan mandiri, serta wisuda.

Baca juga: Berapa Gaji Orangtua agar Siswa Bisa Daftar KIP Kuliah 2024?

Siswa yang menjadi penerima bantuan KIP Kuliah bisa memanfaatkan uang saku untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di luar biaya pendidikan.

Adapun uang saku akan ditentukan berdasarkan biaya hidup tempat perguruan tinggi yang menjadi pilihan penerima KIP Kuliah.

Baca juga: Bantuan Biaya Hidup KIP Kuliah Cair Berapa Bulan Sekali?

Berikut jumlah bantuan yang uang saku yang akan diberikan setiap klasternya:

  • Daerah klaster 1: Rp 800.000.
  • Daerah klaster 2: Rp 950.000.
  • Daerah klaster 3: Rp 1,1 juta.
  • Daerah klaster 4: Rp 1,25 juta.
  • Daerah klaster 5: Rp 1,4 juta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com