Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Lolos Seleksi KIP Kuliah 2024, Pendaftar Wajib Tahu

Kompas.com - 19/02/2024, 17:21 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Proses seleksi pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024 bersifat kompetitif, karena jumlah peserta yang diterima akan lebih sedikit dari jumlah pendaftar.

Dikutip dari laman resmi Puslapdik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), ada sebanyak 985.577 orang yang akan menerima KIP Kuliah 2024.

Dari total itu, ada 200.000 mahasiswa sebagai penerima baru KIP Kuliah di 2024. Adanya penambahan baru itu sejalan dengan peningkatan dana KIP Kuliah 2024.

Baca juga: Apakah Uang KIP Kuliah Boleh untuk Beli Laptop? Ini Penjelasannya

Penanggungjawab Program KIP Kuliah Puslapdik, Muni Ika mengatakan, untuk bisa lolos seleksi KIP Kuliah 2024, pendaftar harus mengetahui dan memahami tahapan pendaftaran KIP Kuliah.

Berikut tahapan yang harus diperhatikan saat mendaftar KIP Kuliah 2024:

1. Membuat akun KIP Kuliah sebagai pintu masuk untuk bisa mendaftar KIP Kuliah. Akun KIP Kuliah bisa dibuat melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

2. Isilah Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dengan benar, serta alamat email yang valid dan aktif.

Sistem KIP Kuliah sudah terintegrasi dengan Dapodik Kemendikbud Ristek, karena itu, pastikan NIK, NISN, dan NPSN sama dengan yang tercatat di Dapodik.

Kalau NIK, NISN, dan NPSN valid, maka sistem KIP Kuliah akan mengirimkan akun KIP Kuliah ke alamat email yang didaftarkan. Di tahap ini, khususnya berlaku untuk pendaftar yang belum punya akun KIP Kuliah atau baru lulus Tahun 2024.

3. Melalui akun KIP Kuliah yang dikirim via email, pendaftar bisa segera login dan melengkapi dokumen-dokumen dan persyaratan lain yang diminta sistem.

4. Setelah berkas lengkap, silahkan memilih jalur seleksi yang akan diikuti, apakah SNBP, UTBK-SNBT atau mandiri atau seleksi PTS (perhatikan jadwal buka/tutup seleksi di KIP Kuliah).

Pada tahapan ini, pendaftar yang terdata di DTKS atau PPKE (desil 1-3), hanya perlu mengisi biodata, data keluarga, prestasi dan rencana saat kuliah.

Sementara yang tidak terdata diwajibkan mengisi tiga formulir tambahan, yaitu ekonomi, rumah, dan aset.

5. Setelah dinyatakan lengkap dan valid, maka pendaftar resmi terdaftar sebagai calon penerima KIP Kuliah.

Ingat, pada tahap ini, pendaftar belum dinyatakan sebagai penerima KIP Kuliah. Namun, hanya resmi tercatat sebagai pendaftar KIP Kuliah sesuai jalur seleksi yang dipilih.

Baca juga: 3 Nomor Penting buat Daftar KIP Kuliah 2024

6. Setelah melalui tahap dua, pendaftar KIP Kuliah tinggal menunggu hasil seleksi masuk perguruan tinggi.

7. Bila lolos seleksi masuk perguruan tinggi, maka tahap berikutnya adalah dilakukan verifikasi dan validasi oleh perguruan tinggi atas data yang sudah diinput pendaftar untuk menentukan apakah pendaftar layak atau tidak memperoleh KIP Kuliah.

8. Bila tidak lolos dengan akun yang sama, pendaftar bisa mencoba lagi ikut seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur seleksi berikutnya, termasuk seleksi perguruan tinggi swasta.

Baca juga: Bantuan Biaya Hidup KIP Kuliah Cair Berapa Bulan Sekali?

9. Bila lolos seleksi dan dinyatakan layak menerima KIP Kuliah, maka pendaftar akan diusulkan sebagai calon penerima KIP Kuliah oleh perguruan tinggi kepada Puslapdik dan selanjutnya Puslapdik menetapkan pendaftar sebagai penerima KIP Kuliah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com