Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dokumen Pendukung Keadaan Ekonomi untuk Daftar KIP Kuliah 2024

Kompas.com - 18/02/2024, 17:39 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) secara gratis dan mendapatkan bantuan biaya hidup bisa mendaftar KIP Kuliah 2024 (Kartu Indonesia Pintar Kuliah).

Namun perlu ditekankan bahwa KIP Kuliah ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa dari keluarga miskin/rentan miskin yang dapat dibuktikan dengan beberapa dokumen pendukung keadaan ekonomi.

Dokumen pendukung keadaan ekonomi ini untuk membuktikan bahwa kamu benar-benar berasal dari kalangan keluarga kurang mampu dan layak jadi penerima program KIP Kuliah 2024.

Dengan dokumen pendukung keadaan ekonomi ini nantinya akan diverifikasi dan divalidasi lagi oleh perguruan tinggi sebelum akhirnya menentukan lolos atau tidaknya kamu jadi mahasiswa penerima KIP Kuliah 2024.

Baca juga: Bantuan Biaya Hidup KIP Kuliah Cair Berapa Bulan Sekali?

Dokumen pendukung keadaan ekonomi untuk KIP Kuliah 2024

Lalu apa saja dokumen pendukung keadaan ekonomi yang dibutuhkan untuk mendaftar KIP Kuliah 2024?

Berikut ini syarat dokumen pendukung keadaan ekonomi yang perlu dipersiapkan calon mahasiswa untuk mendaftar KIP Kuliah 2024:

1. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pendidikan Menengah Bukti dokumen bahwa mahasiswa berasal dari keluarga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

2. Bukti bahwa keluarga masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH)

3. Bukti Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

4. Bukti diri masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil 3 (tiga) Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE) yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

5. Surat keterangan sebagai anak panti jika mahasiswa berasal dari panti sosial/panti asuhan.

6. Bukti pendapatan kotor gabungan orangtua/wali paling banyak Rp 4.000.000 setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp 750.000

7. Bukti keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan dan dilegalisasi oleh pemerintah, minimal tingkat desa/kelurahan.

Baca juga: Cara Daftar KIP Kuliah 2024 bagi Gap Year, Tak Perlu Buat Akun Lagi

Cara daftar KIP Kuliah 2024

Setelah tahu apa saja syarat dokumen pendukung keadaaan ekonomi untuk mendaftar KIP Kuliah 2024, berikut cara untuk daftar KIP Kuliah 2024:

  • Buka laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id untuk melakukan pendaftaran akun
  • Saat proses mendaftar, siswa wajib memasukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang masih aktif.
  • Kemudian, sistem KIP Kuliah Merdeka akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah Merdeka. Jika berhasil divalidasi, sistem akan mengirim nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang didaftarkan sebelumnya.
  • Buka kembali https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan login menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses yang diterima lewat email.
  • Kemudian, ikuti instruksi selanjutnya dan selesaikan seluruh proses pendaftaran di laman KIP Kuliah Merdeka sesuai jalur seleksi yang dipilih (SNBP/SNBT/Mandiri).
  • Bagi calon penerima KIP Kuliah Merdeka yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan ke Puslapdik sebagai mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka.

Adapun jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2024 meliputi proses KIP Kuliah Merdeka Registrasi atau Pendaftaran Akun KIP Kuliah yang sudah bisa dilakukan sejak 12 Februari hingga 31 Oktober 2024.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Biaya Transportasi KIP Kuliah 2024?

Kemudian seleksi KIP Kuliah 2024 di perguruan tinggi pada 1 Juli hingga 31 Oktober 2024 dan penetapan penerima baru KIP Kuliah 2024 pada 1 Juli hingga 31 Oktober 2024.

Demikian informasi mengenai syarat dokumen pendukung keadaan ekonomi untuk mendaftar KIP Kuliah 2024 yang perlu diketahui calon mahasiswa. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com