Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Uang KIP Kuliah Boleh untuk Beli Laptop? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 19/02/2024, 15:40 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa penerima KIP Kuliah 2024 (Kartu Indonesia Pintar Kuliah) bisa mendapatkan uang untuk biaya kuliah sekaligus biaya hidup.

Dengan adanya bantuan dari KIP Kuliah, calon mahasiswa bisa kuliah gratis di perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Perlu diketahui bahwa bantuan biaya hidup KIP Kuliah 2024 dihitung per bulan namun proses pencairan dilakukan satu kali setiap semester.

Bantuan biaya hidup KIP Kuliah 2024 ditetapkan oleh Puslapdik berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal masing-masing wilayah perguruan tinggi dan diberikan dalam 5 klaster besaran, yaitu:

  • Rp 800.000
  • Rp 950.000,
  • Rp 1.100.000
  • Rp 1.250.000
  • Rp1.400.000 per bulan.

Baca juga: Ini Dokumen Pendukung Keadaan Ekonomi untuk Daftar KIP Kuliah 2024

Uang KIP Kuliah 2024 boleh digunakan untuk hal ini

Bantuan biaya hidup diberikan satu kali setiap semester atau per enam bulan sekaligus. Lantas apakah uang KIP Kuliah boleh untuk beli laptop?

Penanggungjawab program KIP Kuliah Muni Ika mengatakan, bantuan biaya hidup dari KIP Kuliah digunakan untuk biaya hidup keperluan perkuliahan. Seperti:

1. Biaya makan

2. ⁠biaya buku

3. ⁠biaya transportasi

4. ⁠biaya kos

5. ⁠dan biaya lain yang menunjang perkuliahan

Saat disinggung apakah biaya bantuan hidup KIP Kuliah 2024 diperbolehkan untuk membeli laptop, Muni Ika mengungkapkan, sebenarnya tidak ada aturan tertulis soal larangan bantuan biaya hidup KIP Kuliah digunakan untuk apa saja oleh mahasiswa.

Termasuk boleh tidaknya uang bantuan biaya hidup KIP Kuliah untuk membeli laptop atau handphone.

"Tidak tertulis terkait larangannya, namun peruntukannya untuk menunjang perkuliahan termasuk beli handphone atau laptop yang digunakan untuk penunjang perkuliahan," papar Muni Ika.

Baca juga: Daftar KIP Kuliah atau SNBP 2024 Dulu? Simak Jawabannya

Uang KIP Kuliah boleh untuk beli laptop

Jika kelak bisa menjadi mahasiswa penerima KIP Kuliah, bantuan biaya hidup KIP Kuliah boleh digunakan untuk membeli laptop dengan catatan laptop tersebut digunakan untuk menunjang perkuliahan

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com