Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 PTN Tanpa Uang Pangkal di Jalur Mandiri 2024

Kompas.com - 24/04/2024, 10:03 WIB
Selina Damayanti,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 akan segera dilaksanakan. Jika pada UTBK SNBT peserta belum lolos di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihan, masih ada jalur mandiri.

Beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sudah mulai membuka pendaftaran seleksi jalur mandiri. Jalur mandiri biasanya memiliki proses seleksi yang beragam. Mulai dari seleksi menggunakan nilai rapor hingga seleksi tes tertulis.

Perbedaan jalur mandiri dengan jalur seleksi nasional biasanya terletak di biaya kuliah. Iuran Pembangunan Institusi (IPI) atau sering kali disebut uang pangkal merupakan biaya pembangunan yang biasanya hanya ditanggung oleh mahasiswa jalur mandiri.

Baca juga: 8 PTN yang Buka Jalur Mandiri Pakai Nilai UTBK 2024, Catat Jadwalnya

Pembayaran biaya IPI atau uang pangkal biasanya dilakukan hanya satu kali dalam masa perkuliahan atau saat sebelum perkuliahan dimulai. Namun, PTN berikut ini membebaskan biaya uang pangkal atau IPI.

1. Universitas Indonesia (UI)

UI memiliki jalur mandiri yaitu SIMAK UI yang saat ini sudah membebaskan uang pangkal bagi mahasiswa jalur seleksi mandiri. Mahasiswa jalur mandiri dikenakan biaya kuliah yang sama dengan mahasiswa yang masuk jalur seleksi nasional.

Meski bebas uang pangkal atau IPI, yang membedakan antara mahasiswa jalur seleksi nasional dengan jalur mandiri hanya biaya pendaftaran SIMAK UI.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM menerapkan Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU) untuk jalur mandiri. Namun, tidak semua mahasiswa jalur mandiri dikenakan biaya SSPU.

SSPU merupakan persentase solidaritas dari keluarga mahasiswa yang lebih mampu untuk membantu mahasiswa lain yang lebih membutuhkan. Hasilnya, mahasiswa yang mengalami kesulitan ekonomi tetap dapat kuliah di UGM dengan UKT Rp 0.

Baca juga: Biaya Kuliah 3 Prodi Fakultas Kedokteran UGM Jalur Mandiri 2024

3. Universitas Sriwijaya (Unsri)

Mahasiswa baru jenjang sarjana dan diploma Unsri jalur ujian saringan masuk bersama (USMB) hanya akan dikenakan biaya UKT tanpa uang pangkal.

Menjadi pengecualian bagi mahasiswa jurusan kedokteran yang tetap membayar Biaya Operasional Pendidikan (BOP) sebesar Rp 200 juta, lalu biaya Preklinik sebesar Rp 30 juta per semester, kemudian biaya klinik sebesar Rp 45 juta per semester.

4. Universitas Terbuka (UT)

UT tak memiliki uang pangkal di jalur mandiri. Karena sistem kuliahnya merupakan jarak jauh, maka di UT pembayarannya menggunakan Sistem Paket Semester (SIPAS) yang terintegrasi dengan materi kuliah.

Ada juga non-SIPAS, dimana mahasiswa membayar sesuai materi kuliah yang dipilih secara mandiri.

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS juga membebankan mahasiswa dengan biaya uang pangkal jalur mandiri, namun hanya berlaku di jalur seleksi prestasi.

Baca juga: Biaya Kuliah di ITS Jalur Mandiri 2024 untuk Semua Jurusan D4-S1

Seleksi ini tidak dikenakan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), dan juga untuk program studi yang sudah terakreditasi A atau Unggul dapat didaftar oleh pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah.

6. Seluruh Kampus PTKIN

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tidak menerapkan uang pangkal di jalur mandiri.

Hal ini sejalan dengan Keputusan Menteri Agama 2023, PTKIN dilarang memungut uang pangkal. Kampus PTKIN yang tidak membebani uang pangkal yaitu Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah TInggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com