Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FISIP UPN Jogja Gelar Visitasi Akreditasi Internasional FIBAA

Kompas.com - 02/03/2024, 12:57 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (FISIP UPNYK) menggelar visitasi akreditasi berstandar internasional.

Lewat lembaga akreditasi internasional Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA), kegiatan ini jadi yang pertama kali dilakukan di UPN "Veteran" Yogyakarta.

Kegiatan akreditasi ini diikuti oleh 5 jurusan atau program studi yang ada di FISIP UPNYK, antara lain jurusan Hubungan Internasional, Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Hubungan Masyarakat, dan Magister Ilmu Komunikasi.

Kegiatan ini melibatkan seluruh elemen sivitas akademika dari tiap jurusan dan program studi serta melibatkan mahasiswa dan alumni.

Baca juga: 14 Jurusan UPN Veteran Jatim dengan Kuota Terbanyak di Jalur SNBP 2024

Bisa tambah aktivitas internasional 

Dekan Fisip UPNYK, Dr. Machya Astuti Dewi mengatakan, dengan melakukan akreditasi internasional dirinya berharap hal ini menjadi pemicu semua program studi untuk bisa menambah aktivitas internasionalnya.

Terlepas dari predikat yang diperoleh, Dekan menyampaikan keinginannya untuk mahasiswa dan dosen agar mau berkontribusi lebih lagi dalam kegiatan mancanegara.

"Kita (FISIP) merasa apapun hasilnya itu jadi usaha keras seluruh sivitas akademika di FISIP UPN Veteran Yogyakarta," terang Machya Astuti Dewi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/3/2024).

Menurutnya, ketika meraih predikat terakreditasi internasional, artinya baik mahasiswa dan dosennya harus memperbanyak kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang diaplikasikan secara internasional.

Dalam penerapan proses belajar-mengajar, FISIP UPN Jogja sudah sejak lama mengadakan kegiatan internasional berupa kelas internasional dan riset ke luar negeri.

Baca juga: Cek Syarat Daftar Jalur Mandiri UPN Jogja, Pakai Nilai UTBK

Menurut Dekan, hal tersebut selaras dengan tujuan FISIP UPNYK untuk mengajukan program akreditasi internasional yang juga menjadi peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) lewat Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi.

"Satu lagi, kita sudah merintis kegiatan internasional sudah lama sekali. Kita punya kelas internasional di Hubungan Internasional dan Ilmu Komunikasi," tandasnya.

Hal ini berarti FISIP UPN Jogja sebenarnya siap sehingga langkah ini sudah tepat. Ditambah, memang ada aturan dari kementerian untuk semua perguruan tinggi bisa terakreditasi internasional.

Sementara itu Hestutomo Restu Kuncoro selaku koordinator kegiatan ini mengatakan alasan FISIP UPN Jogja mengajukan akreditasi lewat lembaga FIBAA karena lembaga ini dinilai memiliki pandangan yang sesuai dengan visi UPN "Veteran" Yogyakarta.

UPN Jogja menginginkan bahwa alumnusnya tidak hanya kompeten secara akademik namun juga mampu berdampak langsung ke masyarakat.

"Alasan kita memilih lembaga FIBAA secara umum, karena lembaga ini sudah diakui secara global dan telah melakukan akreditasi di berbagai negara dan juga FIBAA punya perspektif bahwa program studi harus membekali mahasiswanya dengan skill yang dibutuhkan di dunia prkatisi," paparnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com