Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Syarat Daftar Jalur Mandiri UPN Jogja, Pakai Nilai UTBK

Kompas.com - 19/02/2024, 14:17 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Jalur Mandiri UPN Jogja 2024 bisa dimanfaatkan calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan.

Selain SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dan SNBT 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), perguruan tinggi negeri (PTN) biasanya juga membuka jalur mandiri 2024.

Sama halnya dengan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta atau UPN Jogja membuka jalur mandiri 2024 yang menggunakan nilai UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

Dilansir dari laman UPN Jogja, Senin (19/2/2024) mengacu pada penerimaan mahasiswa baru UPN Jogja lewat jalur mandiri tahun 2023 lalu, berikut persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa yang ingin mendaftar jalur ini.

Baca juga: UNS Buka 7 Jalur Mandiri 2024, Ada yang Pakai Nilai UTBK

Jalur mandiri UPN Jogja

Jalur Nilai UTBK yang dibuka UPN Jogja adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru program Sarjana dengan proses seleksi menggunakan nilai UTBK.

Hasil seleksi ditentukan berdasarkan data nilai UTBK yang telah di input dan telah dibobot lalu diurutkan/yudisium berdasar passing grade tertinggi.

Sebelum tahu syarat mendaftar jalur mandiri UPN Jogja, calon mahasiswa perlu tahu untuk mendaftar jalur ini harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000 bagi calon mahasiswa dari Warga Negara Indonesia (WNI). Sedangkan calon mahasiswa Warga Negara Asing (WNA) biaya pendaftarannya sebesar Rp 400.000.

Persyaratan umum untuk mendaftar jalur mandiri UPN Jogja adalah sebagai berikut:

1. Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C);

2. Bagi siswa lulusan tahun 2021 dan 2022 harus sudah memiliki ijazah;

3. Bagi siswa lulusan 2023 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap dan stempel yang syah;

4. Mempunyai sertifikat hasil tes SNBT

Baca juga: Hari Terakhir Buat Akun SNPMB, Segera Simpan Permanen

Daya tampung mahasiswa baru yang mendaftar Jalur Nilai Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (Nilai SNBT) pada tahun 2023 ditetapkan sebesar 45 persen dari seluruh daya tampung mahasiswa baru Seleksi Mandiri.

Kriteria kelulusan jalur mandiri UPN Jogja berdasar Nilai Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (Nilai SNBT) ini ditentukan berdasarkan nilai tertinggi Nilai UTBK.

Peserta yang dinyatakan lulus adalah yang memperoleh urutan nilai tertinggi dengan jumlah peserta diterima sebanyak daya tampung suatu jurusan.

Jika mengacu pada pendaftaran jalur mandiri UPN Jogja tahun lalu, maka jalur ini akan dibuka pada bulan Juni 2024 mendatang.

Informasi mengenai jalur masuk UPN Jogja bisa dibaca di laman https://pmb.upnyk.ac.id/home/index

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com