Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unesa Juara Umum Pomprov Jatim II 2023, Prestasi Bisa Dikonversi SKS/UKT

Kompas.com - 23/07/2023, 14:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unesa

KOMPAS.com - Sebanyak 100 medali berhasil diraih oleh tim mahasiswa dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) saat ikut Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) Jawa Timur II 2023 di Jember.

Dari hasil medali tersebut, tim Unesa berhasil memuncaki klasemen dan menjadi juara umum. Adapun acara penutupan digelar di Politeknik Negeri Jember (Polije), Sabtu (22/7/2023).

Dilansir dari laman Unesa, kompetisi olahraga tersebut mempertemukan total 3.265 mahasiswa dari 108 perguruan tinggi.

Kontingen Unesa memboyong total 100 medali. Untuk rinciannya 41 emas, 32 perak, 27 perunggu.

Baca juga: Dosen Unesa: Ini 3 Cara Manajemen Waktu agar Tidak Mudah Stres

Capaian tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang mana Unesa tertahan di posisi juara 2 dengan torehan 70 medali saja.

Sedang pada gelaran 2023 ini, posisi kedua ditempati kontingen dari Universitas Negeri Malang (UM) yang mengantongi total 68 medali.

Lalu di posisi ketiga ada kontingen Universitas Brawijaya (UB) Malang dengan mengoleksi total 57 medali.

Menurut Dekan FIKK Unesa Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes., capaian para atlet yang mereka turunkan pada Pomprov kedua ini sudah sesuai yang diharapkan.

Artinya, mereka sudah menargetkan sejak awal bahwa Unesa harus meraih juara umum dan itu tercapai.

Tentu ketika proses juara, atlet harus menjunjung tinggi nilai sportivitas. Pihaknya tidak menoleransi ketika ada atlet yang menghalalkan segala cara, tidak sportif atau kecurangan dalam turnamen demi mendapatkan juara.

"Alhamdulilah, atlet dan pelatih kami sudah mencontohkan yang terbaik, performa dan mentalnya bagus termasuk sportivitasnya," ujarnya.

"Olahraga bukan sekadar medali, tetapi juga tentang karakter dan nilai yang harus ditunjukan di mana pun, saat turnamen maupun dalam kehidupan sehari-hari," imbuh dia.

Sementara Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Unesa, Dr. Muhammad Sholeh, M.Pd., saat penutupan mengatakan, setiap prestasi patut diapresiasi, termasuk prestasi olahraga ini.

Baca juga: Akademisi Unesa Beberkan Alasan Artis Masuk Politik

Pihaknya sudah siapkan apresiasi yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa (atlet). Bisa dengan konversi SKS atau UKT bahkan penggantian skripsi dengan artikel ilmiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com