Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Jurusan Kuliah untuk Anak Bahasa, Tertarik?

Kompas.com - 17/06/2023, 16:09 WIB
Valencia Putri,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon mahasiswa dengan latar belakang bahasa memiliki beragam pilihan jurusan yang menarik saat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Dengan keahlian mereka dalam berbahasa, mereka dapat memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Dalam mempertimbangkan memilih jurusan kuliah, calon mahasiswa juga perlu melakukan riset tentang kurikulum dan peluang karir di bidang yang diminati.

Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi siswa dan mengembangkan keahlian mereka di bidang yang mereka sukai.

Melansir laman Ruangguru, berikut ada 8 jurusan kuliah yang cocok bagi siswa jurusan bahasa.

Baca juga: Universitas Swasta yang Bisa Pakai KIP Kuliah 2023, Kampus Mana Saja?

8 jurusan kuliah yang cocok bagi siswa jurusan bahasa

1. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi merupakan bidang penelitian yang sangat luas. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak dapat menghindar dari komunikasi. Oleh karena itu, program studi ini menyajikan berbagai macam materi yang akan dipelajari.

Jurusan Ilmu Komunikasi tidak hanya berfokus pada cara efektif menyampaikan pesan, tetapi juga mempelajari pemanfaatan teknologi terkini. Mirip dengan Ilmu Bahasa, jurusan ini mengeksplorasi proses penyampaian pesan agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Oleh karena itu, jika kamu tertarik, jurusan ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik saat kamu berkuliah.

Baca juga: PPDB 2023: Cek Ketentuan Penyaluran Kelebihan dan Perpindahan Siswa

2. Sastra dan Bahasa

Bagi mereka yang gemar berbahasa, program studi Bahasa dan Sastra merupakan opsi yang menarik. Dengan penguasaan bahasa asing, lulusan program studi ini akan memiliki keunggulan kompetitif di dunia kerja.

Salah satu spesialisasi dari jurusan ini adalah menjadi penerjemah untuk berbagai bahasa, seperti Inggris, Jerman, Korea, Arab, dan bahasa asing lainnya. Selain itu, lulusan program studi ini juga dapat mengejar karir sebagai pengajar, penulis, sastrawan, budayawan, dan bidang-bidang terkait lainnya.

3. Jurnalistik

Bagi mereka yang tertarik dalam dunia penyiaran dan ingin bekerja di bidang media, program studi Jurnalistik adalah pilihan yang tepat. Jurusan ini membuka peluang untuk bekerja di stasiun TV, radio, surat kabar, dan berbagai media lainnya.

Baca juga: Bacaan Ayat Kursi beserta Makna, Keutamaan, dan Manfaatnya

Di dalam program studi ini, kamu akan mempelajari teknik mencari berita, menulis, dan menyunting berita, serta cara mendistribusikannya melalui berbagai media.

Selain itu, kamu juga akan mengembangkan keterampilan dalam mengambil foto dan mengumpulkan data dengan akurat, sehingga mampu menyusun laporan jurnalisme yang informatif.

4. Hubungan Internasional

Kemampuan berbahasa sangat berharga sebagai sarana komunikasi dalam dunia diplomasi dan untuk memahami budaya dari berbagai negara di seluruh dunia. Jika kamu tertarik dengan bidang tersebut, Jurusan Hubungan Internasional adalah pilihan yang tepat untuk kuliah nanti.

Walaupun bidang studi ini berbasis pada ilmu sosial, Hubungan Internasional juga menuntut kemampuan berbahasa asing yang baik.

Jurusan ini cocok bagi mereka yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan minat yang besar dalam mempelajari diplomasi dan politik internasional. Selain itu, kamu juga akan mempelajari berbagai bahasa dan kebudayaan asing dalam program studi ini.

Baca juga: Seperti Ini 5 Materi Kursus Las Listrik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com