Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Peringkat 1 Nasional 2023 Pendanaan PKM Terbanyak dari Kemendikbud

Kompas.com - 17/06/2023, 13:09 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UGM

KOMPAS.com - Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Kali ini, UGM menempati peringkat pertama terkait pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023.

UGM berhasil meraih pendanaan proposal terbanyak PKM dari Ditjen Diktiristek, Kemendikbud Ristek. Ada sebanyak 282 proposal PKM dari UGM yang lolos pendanaan.

Tentu jumlah tersebut menempatkan UGM sebagai peringkat pertama perguruan tinggi di Indonesia yang didanai PKM 8 bidang.

Di tempat kedua diikuti IPB sebanyak 192 proposal, ITS 172 proposal, Universitas Hasanuddin 135 proposal, dan UPI 116 proposal.

Baca juga: Dosen UGM: Cara Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Proses Penyembelihannya

Wakil Rektor UGM Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Alumni, Dr. Arie Sujito, mengapresiasi capaian yang berhasil diraih oleh tim PKM UGM.

Adapun prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan kekompakan tim mahasiswa PKM, bimbingan dosen pembimbing, dan fasilitasi dari Direktorat Kemahasiswaan UGM dalam mendukung kegiatan PKM UGM.

Dikatakan, kegiatan PKM merupakan arena bagi para mahasiswa UGM dalam mengembangkan kompetensi riset dalam delapan bidang.

Tak hanya itu saja, kegiatan itu juga menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk saling bekerja sama dalam tim yang bersifat mulidisiplin.

Melalui kegiatan PKM juga diharapkan mampu menjadi modalitas mahasiswa dalam proses pengembangan akdemik dan riset.

"UGM akan terus menerus berperan dalam mendukung tradisi riset mahasiswa bisa lebih optimal. Kita berkomitmen untuk mengawal ini agar hasilnya dapat lebih baik dari sebelumnya," ujarnya dikutip dari laman UGM, Jumat (16/6/2023).

Ia berharap, tim PKM UGM yang lolos mendapatkan pendanaan nantinya dapat lolos melaju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Pimnas akan menjadi arena uji kompetensi sekaligus kemampuan bagi para mahasiswa dalam mengartikulaiskan dan menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan dan mempresentasikan di depan tim penilai.

Harapannya mahasiswa nantinya bisa memanfaatkan arena PIMNAS sebagai modalitas bagi pengembangan diri maupun menjaga nama baik UGM.

Harapan lain kualitas baik dari sisi substansi, metodologi, presentasi, kerja sama dan output yang dihasilkan mahasiswa bisa optimal.

Baca juga: Dokter RSA UGM: Begini Cara Mencegah Penularan Mata Belekan

"Universitas akan memfasilitasi ini dan semoga kedepan bisa meraih juara di tingkat nasional. Namun, yang terpenting mahasiswa bisa mendedikasikan pemikiran mereka bagi universitas, bangsa, dan negara," terangnya.

Sementara Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Dr. Suherman, menjelaskan pada 2023 ini UGM mengajukan sebanyak 495 proposal delapan bidang. Dari jumlah tersebut ada 282 proposal yang lolos mendpaatkan pendanaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com