Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Bacaan Ayat Kursi beserta Makna, Keutamaan, dan Manfaatnya

Kompas.com - 16/06/2023, 13:01 WIB
Aningtias Jatmika,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Ayat Kursi atau dikenal sebagai ayat Al Kursi merupakan salah satu ayat paling terkenal dalam Al Quran. Ayat ini terdapat dalam surah Al Baqarah yang merupakan surat kedua dalam Al Quran.

Dilansir dari iuwashplus.or.id, berikut adalah teks ayat Kursi Arab Latin dan terjemahannya.

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui sesuatu dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha Besar."

Makna ayat Kursi

Ayat Kursi mengajarkan umat Islam bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah selain Allah Swt. Allah memiliki hidup kekal, tak terbatas oleh waktu, dan selalu mengurus alam semesta secara sempurna. Ayat ini juga menekankan bahwa Allah tidak pernah lelah atau tidur.

Selain itu, ayat Kursi juga mengajarkan bahwa Allah memiliki pengetahuan luas tentang segala hal dan mengetahui segala hal, sedangkan manusia memiliki keterbatasan dalam memahami pengetahuan-Nya.

Keutamaan ayat Kursi

Ayat Kursi memiliki keutamaan yang besar bagi umat Islam. Nabi Muhammad bersabda, "Ayat Kursi adalah ayat terbesar dalam Al Quran dan tidak ada yang dapat menghimpun pahala yang lebih besar dari membacanya setiap malam sebelum tidur."

Selain itu, membaca ayat Kursi juga dikaitkan dengan perlindungan Allah dari gangguan dan kejahatan setan. Ayat ini memancarkan energi spiritual yang dapat memberikan ketenangan dan kekuatan kepada pembaca.

Manfaat ayat Kursi

Ayat Kursi memiliki manfaat besar bagi pembaca yang memiliki keyakinan dan keikhlasan. Salah satu manfaat utama membaca ayat Kursi adalah mendapat perlindungan Allah dari bahaya dan gangguan.

Ayat tersebut juga dapat menjadi perisai spiritual untuk melindungi pembaca dari malapetaka dan musibah. Membaca ayat Kursi juga dapat menguatkan iman serta menghilangkan rasa takut dan kecemasan.

Ayat itu juga mengingatkan manusia bahwa Allah merupakan pengendali segalanya dan Dia tidak akan membebani seseorang melebihi batas kemampuan. Selain itu, membaca ayat Kursi secara rutin dapat membantu menjaga pikiran serta hati agar tetap tenang dan damai.

Dengan makna mengenai keesaan dan kekuasaan Allah, ayat Kursi merupakan sumber kekuatan spiritual dan perlindungan bagi umat Islam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com