Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Provinsi dengan Rerata Biaya Kuliah Tertinggi, DIY Nomor 1

Kompas.com - 16/06/2023, 08:54 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menempati urutan pertama dari 10 provinsi dengan biaya pendidikan tinggi berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Data Statistik Penunjang Pendidikan Tahun 2021 berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional Modul Sosial Budaya dan Pendidikan (Susenas MSBP) yang dilakukan pada Juli 2020 hingga Juni 2021 mengungkap rata-rata biaya yang harus dikeluarkan saat masuk jenjang kuliah.

Untuk jenjang perguruan tinggi, selama tahun ajaran 2020/2021 rata-rata total biaya yang diperlukan adalah Rp 14,47 juta per tahun.

Faktor biaya kuliah ini tidak hanya meliputi komponen SPP atau UKT yang dibayarkan setiap bulan. Biaya kuliah juga meliputi uang pendaftaran, praktikum, uang saku, kunjungan edukatif, SPP/UKT, uang transportasi, alat tulis, ujian internet.

Baca juga: 5 Kota dengan Biaya Hidup Rendah bagi Mahasiswa di Indonesia

Jumlah tersebut hampir dua kali lipat dari rata-rata total biaya pendidikan jenjang SD dan SMA sederajat yang mencapai Rp 7,80 juta.

Di antara berbagai komponen itu, SPP/UKT dan uang saku menjadi dua komponen yang mendominasi biaya pendidikan.

Jika seorang mahasiswa berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), kurang lebih 34,69 persen dari total biaya pendidikan digunakan untuk membayar SPP/UKT.

Persentasenya lebih tinggi apabila berkuliah di perguruan tinggi swasta (PTS). Mahasiswa harus mengeluarkan 40,22 persen dari total biaya pendidikan utuk SPP atau UKT dalam setahun. Meski begitu, ada beragam beasiswa maupun keringanan UKT yang kini ditawarkan oleh perguruan tinggi.

Dari komponen uang saku, mahasiswa yang kuliah di PTN mengalokasikan 25,52 persen dari total biaya pendidikan per tahun. Sementara mahasiswa PTS mengalokasikan biaya kuliah sebesar 22,34 persen.

Baca juga: Skema Baru KIP Kuliah 2023: Tidak Semua Dapat Bantuan Biaya Hidup

Sementara untuk Provinsi DIY , rata-rata total biaya pendidikan di Yogyakarta mencapai Rp 21,10 juta per tahun. Hal ini bisa lebih tinggi, sebab ada jurusan yang memiliki biaya semester diatas Rp 20 juta.

Berikut 10 wilayah di Indonesia dengan rata-rata total biaya pendidikan tinggi menurut provinsi periode Juli 2020 - Juni 2021 (total), dilansir dari laman BPS:

10 provinsi dengan rerata biaya kuliah tertinggi 2021

1. Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Rata-rata biaya pendidikan tinggi: Rp 21,10 juta per tahun

2. Banten

  • Rata-rata biaya pendidikan tinggi: Rp 19,59 juta per tahun

3. Maluku

  • Rata-rata biaya pendidikan tinggi: Rp 19,44 juta per tahun

4. Maluku Utara

  • Rata-rata biaya pendidikan tinggi: Rp17,47 juta per tahun

Baca juga: Beasiswa IISMA Buka Skema Co-funding 2023, Mahasiswa Segera Daftar

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com