Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Sekolah Kedinasan yang Boleh Mata Minus, STAN, STIN, dan STIS

Kompas.com - 29/04/2024, 14:18 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Lulusan SMA/SMK yang punya mata minus perlu tahu bahwa ada sekolah kedinasan yang boleh mata minus.

Mendaftar sekolah kedinasan memang berbeda dari perguruan tinggi pada umumnya. Lulusan SMA/SMK yang mau mendaftar perlu memenuhi syarat tinggi badan dan mata minus atau tidak di beberapa kedinasan tertentu.

Dilansir dari laman sekolah kedinasan masing-masing, berikut sekolah kedinasan yang boleh mata minus.

Dengan demikian, lulusan SMA/SMK yang berkacamata karena punya mata minus tetap bisa mendaftar. Simak informasinya sampai selesai.

Baca juga: Kriteria Lulusan yang Bisa Daftar Sekolah Kedinasan Kereta Api

5 sekolah kedinasan yang boleh mata minus

Berikut 5 sekolah kedinasan yang boleh mata minus atau pakai kacamata saat mendaftar.

1. Politeknik Statistika STIS

STIS termasuk sekolah kedinasan yang boleh mata minus. Namun, para pendaftar STIS tidak buta warna (baik total maupun parsial).

Pengguna kaca mata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dapat diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri.

Syarat fisik lainnya untuk mendaftar di STIS yakni sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), bebas narkoba.

2. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

Sekolah kedinasan yang boleh mata minus berikutnya adalah STMKG. Siswa yang mendaftar di sekolah kedinasan milik BMKG ini diperbolehkan berkacamata dengan lensa spheris maksimal minus 4 D dan lensa silindris maksimal minus 2 D. Selain itu pendaftar tidak buta warna.

Namun, pendaftar di sekolah kedinasan STMKG bersedia untuk melakukan pengobatan laser-assisted in situ keratomileusis (LASIK) dengan biaya sendiri apabila diterima/lulus seleksi.

Syarat fisik lainnya untuk daftar adalah sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan. Tinggi badan minimum 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita, dengan berat badan seimbang.

Baca juga: Simak Cara Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan

3. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah kedinasan pertama yang boleh mata minus berikutnya adalah STIN. STIN merupakan sekolah kedinasan milik Badan Intelijen Negara (BIN).

Mengacu pada pendaftaran siswa tahun lalu, STIN mensyaratkan siswanya apabila berkacamata, maksimal ukuran 1 baik + (plus) atau - (minus). Namun, siswa tidak boleh buta warna.

Syarat fisik lainnya untuk mendaftar di STIN antara lain berat badan seimbang menurut ketentuan berlaku dan tinggi badan minimal laki-laki 165 cm dan perempuan 160 cm dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

Sehat jasmani, rohani, dan tidak pernah mengalami patah tulang. Tidak bertato dan atau memiliki bekas tato.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com