Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset: Perusahaan Semakin Utamakan "Skill" Ketimbang Kualifikasi di CV

Kompas.com - 16/06/2023, 10:04 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah riset terkini yang dilakukan dan didukung oleh Google mengungkap, semakin banyak perusahaan yang mengutamakan keterampilan saat melakukan rekrutmen karyawan.

Dalam riset baru Economist Impact 2023 berjudul “Menjembatani kesenjangan keterampilan: Menumbuhkan karier dan ekonomi di Indonesia” tersebut, sebanyak 77 persen karyawan di Indonesia mengatakan bahwa saat ini perusahaan cenderung mengutamakan keterampilan nyata alih-alih kualifikasi di atas kertas atau CV dalam proses perekrutan.

Salah satu keterampilan yang kian dibutuhkan ialah keterampilan teknologi.

Dalam survei yang dilakukan dari November 2022 hingga Januari 2023 terhadap 1.375 karyawan di seluruh Asia Pasifik, termasuk 100 di Indonesia, ada beragam jenis keterampilan teknologi yang paling penting untuk dimiliki.

Baca juga: 4 Program Magang dan Short Course bagi Mahasiswa dan Fresh Graduate

Dari karyawan yang disurvei, lebih dari 25 persen mengatakan bahwa coding, programming, artificial intelligence (AI) dan machine learning adalah keterampilan yang harus dimiliki.

Lalu, keterampilan teknologi tingkat lanjut yang juga perlu dimiliki ialah analisis dan visualisasi data (56 persen), IT support (51 persen), serta pemasaran digital dan e-commerce (48 persen).

Namun, data dari tahun 2020 menunjukkan bahwa hanya 1 persen tenaga kerja di Indonesia memiliki keterampilan teknologi tingkat lanjut tersebut.

Padahal, perkembangan sektor teknologi dapat menciptakan 20-45 juta kesempatan kerja baru.

Bahkan, sektor non-teknologi seperti jasa profesional, manufaktur, dan konstruksi diperkirakan juga semakin membutuhkan pekerja berketerampilan digital untuk meningkatkan produktivitas.

Baca juga: Ingin Kerja Bidang Teknologi tapi Bukan Lulusan IT? Lakukan 5 Hal Ini

Tim Human Capital di Astra Financial, Grase Oksiana mengatakan, memperoleh keterampilan digital baru adalah cara terbaik untuk bisa bersaing di dunia kerja yang kian kompetitif.

“Jika Anda sedang mencari pekerjaan, berganti karier, atau mencoba dipromosikan, memperoleh keterampilan digital baru adalah cara terbaik untuk menampilkan diri di pasar kerja yang semakin kompetitif,” ujarnya dalam acara Grow with Google, Kamis (15/6/2023).

Google hadirkan 11.000 beasiswa GCC

Guna mendukung Indonesia memiliki lebih banyak talenta digital, Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf mengatakan Google membuka pendaftaran program Bangkit 2023 batch 2 untuk setidaknya 4.000 lebih mahasiswa yang dimulai bulan Agustus 2023.

"Pada akhir tahun ini, kami harap akan ada lebih dari 12.000 lulusan yang memiliki keterampilan tingkat lanjut dalam bidang machine learning, komputasi cloud, dan pengembangan seluler untuk memenuhi permintaan pemberi kerja di berbagai industri," ungkap Randy.

Ia mengatakan, machine learning adalah salah satu kurikulum paling populer yang Google tawarkan melalui Bangkit.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah dengan Prospek Karier Cemerlang di Tahun 2025

Atika Amirah, People Partner Lead Technology DANA Indonesia, setuju bahwa keterampilan seperti machine learning memang dapat meningkatkan daya tarik calon karyawan dalam proses perekrutan.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com