Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Muhammadiyah Asal Sorong Ini Gapai Beasiswa Kuliah di Italia

Kompas.com - 16/06/2023, 11:17 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Komitmen Muhammadiyah dalam membantu pemerintah menyelenggarakan pemerataan pendidikan unggul terus menampakkan hasil.

Terbaru, Ezri Trifena Oraple, mahasiswi Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong, Papua Barat Daya lolos program beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Angkatan 3 tahun 2023.

Baca juga: 23 PTS Ditutup, Kemendikbud Ingatkan Jangan Salah Pilih Kampus

Lolos setelah bersaing dengan ribuan mahasiswa, Ezri menyampaikan kesyukurannya.

Atas capaian ini, mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ini akan menjalani kuliah 1 semester di University of Padova, Italia.

Ezri mengatakan capaian tersebut tidak lepas dari dukungan dari Unimuda Sorong.

Adanya kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dia manfaatkan untuk menyiapkan diri sebelum bersaing dalam seleksi IISMA.

Salah satunya dengan cara mengikuti kelas perkuliahan di perguruan tinggi lain melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)

Pada tahun 2022, Ezri mengambil kelas internasional selama satu semester di Universitas Negeri Malang (UM) untuk mempelajari penyusunan esai dan public speaking.

"Saya sudah sangat tertarik untuk bergabung dengan IISMA sejak tahun pertama saya masuk perkuliahan. Namun, saya tahu bahwa seleksinya sangat ketat dan oleh sebab itu saya harus melakukan banyak persiapan untuk tidak hanya mendaftar, tapi juga agar bisa lolos seleksi," ucap dia mengutip laman Unimuda Sorong, Jumat (16/6/2023).

Perempuan yang bercita-cita menjadi polisi wanita (polwan) itu berharap capaiannya menginspirasi anak-anak muda Papua untuk berani bersaing.

Baca juga: 5 Fakta SMKN 2 Kasihan Tempat Putri Ariani Sekolah Musik

Keterbatasan yang dia miliki dalam belajar, ternyata bukanlah alasan untuk berpasrah diri.

Ezri berharap, berharap pengalamannya nanti setelah menempuh pendidikan di University of Padova dapat membuatnya berkontribusi lebih bagi peningkatan kualitas pendidikan di tempat tinggalnya.

"Sebagai peserta IISMA, saya sadar bahwa saya juga memiliki peran penting untuk menjadi duta bangsa yang menjadi wajah Indonesia di luar negeri nanti," jelas dia.

Baca juga: 23 Kampus Ditutup, Mendikbud Nadiem Diminta Turun ke Lapangan

Tak lupa, keberangkatannya kuliah ke Italia bisa bisa memotivasi teman-teman dan adik-adik di Papua untuk berani memimpikan hal besar dan meyakini bisa meraih mimpi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com